Anda yang baru memiliki anak dan ingin berlibur tentunya banyak rasa khawatir yang akan muncul. Hal ini karena perjalanan yang akan Anda lakukan adalah pengalaman pertama bagi si kecil.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah konsultasi dengan dokter anak mengenai kapan si kecil mulai dapat bepergian. Jika sudah mendapatkan persetujuan dari dokter, barulah Anda merencanakan perjalanan bersama si kecil.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika berlibur bersama si kecil.

1. Pilihlah penerbangan pagi atau malam

Pilihlah jam penerbangan yang sesuai dengan jam tidur anak. Hal ini akan memudahkan Anda agar si kecil tidak rewel dan menangis saat di pesawat. Jika si kecil masih menangis di pesawat, usahakan Anda membawa mainan kesukaannya atau memberikan lagu dan video yang sering ditonton (pastikan Anda mengunduh terlebih dahulu sebelum keberangkatan).

2. Menanyakan baby bassinet saat membeli tiket pesawat

Baby bassinet adalah tempat tidur bayi yang biasanya hanya tersedia untuk tempat duduk paling depan. Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua maskapai menyediakan fasilitas baby bassinet. Baby bassinet akan memudahkan orangtua sehingga Anda tidak perlu memangku anak terlalu lama.

Selain itu, anak akan merasa lebih nyaman ketika dapat tidur di permukaan yang lebih luas. Hal penting lainnya adalah membawa penutup telinga khusus bayi yang berfungsi mencegah telinga bayi terasa sakit saat lepas landas atau mendarat.

Foto-foto: Shutterstock.com

3. Mengatur waktu perjalanan yang lebih longgar

Setidaknya Anda perlu menyisihkan waktu 2 jam untuk mempersiapkan dan merawat si kecil setiap harinya. Jangan menyusun waktu berlibur yang terburu-buru. Hal ini karena waktu yang senggang akan lebih membuat si kecil nyaman dalam berlibur.

Hal penting yang perlu diingat adalah sesuaikan perjalanan Anda dengan jam dan kebiasaan si kecil dan jangan memilih waktu untuk berjalan-jalan saat jam-jam sibuk dan ramai. Jika destinasi wisata terlalu padat, hal tersebut mungkin bisa membuat buah hati Anda rewel.

4. Pilih destinasi wisata yang stroller dan baby friendly

Ada berbagai destinasi wisata yang memfasilitasi para keluarga muda dengan menyediakan jalur-jalur untuk stroller dan jalur khusus untuk ibu yang membawa bayi. Cobalah kunjungi negara Singapura, Jepang, dan Hong Kong. Negara tersebut sudah terkenal dengan berbagai fasilitas yang ramah dengan keluarga muda yang membawa bayi.

Sekarang, waktunya Anda merencanakan liburan bersama putra-putri dengan mengunjungi Kompas Travel Fair 2019 pada 20–22 September 2019. Di Kompas Travel Fair 2019, Anda dapat menemukan berbagai paket wisata dalam dan luar negeri yang sesuai dengan keinginan dan tentunya dengan harga yang ramah di kantong. Anda juga dapat menemukan berbagai promosi tiket pesawat serta perlengkapan berlibur.

Jadikan kesempatan kali ini sebagai liburan yang mengesankan bagi Anda dan sang buah hati. Let’s #ExploreItYourWay.