Tidak jarang ketika berlibur atau bepergian, Anda ingin membawa berbagai perlengkapan, tetapi koper terasa sangat penuh dan tidak dapat menampung barang-barang yang dibawa. Ada beberapa tips dan cara berkemas yang dapat Anda terapkan agar koper tersusun rapi sehingga barang-barang yang ingin dibawa bisa muat ke dalam koper.

1. Pastikan barang yang dibawa akan terpakai

Ketahuilah rangkaian perjalanan yang akan dilalui dan buatlah daftar barang yang akan Anda bawa. Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui barang mana yang akan terpakai dan harus dibawa. Contoh yang harus Anda hindari adalah membawa sepatu atau tas yang terlalu banyak. Membawa lebih dari satu pasang sepatu atau tas tidak salah, tetapi hal itu akan “memakan” banyak ruang di dalam koper Anda sehingga menyulitkan barang lain untuk masuk ke dalam koper.

Bawalah tas dan sepatu yang bisa cocok dengan banyak jenis pakaian agar tetap terlihat indah jika dipakai dengan pakaian yang berbeda-beda.

2. Kemas baju yang sudah dipasangkan

Tips mudah untuk menentukan jumlah baju yang dibawa adalah mengemas baju dengan menggulungnya menjadi satu paket (pakaian dalam, baju, celana, dan jaket) serta memasukkannya ke dalam plastik. Hal ini akan memudahkan dan mengefisiensikan waktu Anda untuk memilih dan mencocokkan pakaian ketika sedang berlibur.

Foto-foto: Shutterstock.com

3. Pakai baju terberat saat berangkat

Untuk meringankan barang bawaan, pakailah pakaian terberat Anda ketika berangkat liburan. Hal ini agar barang-barang yang lebih ringan bisa masuk lebih banyak ke dalam koper.

Contohnya, ketika Anda berlibur saat musim dingin, pakailah jaket atau mantel ketika berangkat sehingga di dalam koper masih tersisa ruang untuk barang-barang lain. Selain itu, dengan menggunakan jaket dan mantel saat berangkat, ketika sampai di negara tujuan, Anda tidak perlu membongkar koper untuk mengambil jaket serta mantel.

4. Bawalah “vacuum bag”

Vacuum bag adalah sebuah kantong yang digunakan untuk mengepres baju menjadi padat. Biasanya, jika membeli vacuum bag, Anda akan mendapatkan pompa manual untuk mem-vacuum baju. Vacuum bag dapat digunakan ketika Anda mengemas pakaian kotor setelah liburan.

Dengan menggunakan vacuum bag, baju akan menjadi tipis dan terpres sehingga menyisakan ruang bagi Anda untuk meletakkan oleh-oleh serta barang-barang yang dibeli saat berlibur.

Apakah Anda sudah siap untuk berlibur? Kompas Travel Fair 2019 segera di empat kota besar Indonesia pada 20–22 September 2019. Dapatkan promosi khusus dan berbagai hadiah menarik dan jangan sampai lewatkan kesempatan emas ini. Ajak keluarga serta orang-orang terdekat Anda dan nikmati liburan murah bersama Kompas Travel Fair 2019 di kota Anda. #ExploreItYourWay

Tags : packing