Thailand menawarkan tempat-tempat eksotis yang pantas dikunjungi. Bagi kamu yang baru pertama kali ke negara ini, Bangkok memang menjadi rekomendasi tempat pertama yang oke dikunjungi.

Saat berada di Bangkok, kamu wajib mengarungi Sungai Chao Phraya. Sungai ini tak ubahnya sungai-sungai di Kalimantan, yang menjadi “jalan raya” bagi penduduk setempat. Perbedaannya, di sungai ini masih berdiri dermaga sebagai tempat bersandar kapal-kapal milik Kerajaan Thailand. Kondisinya cukup terawat dengan baik sehingga membuat kagum setiap wisatawan.

Oke, kita mulai menengok apa-apa saja yang ada di Bangkok. Ini dia beberapa di antaranya.

1. Sungai Chao Phraya

Sungai Chao Phraya punya “penghuni” yang selalu menyambut setiap perahu pelancong. Mereka adalah ikan patin berukuran besar dalam jumlah ribuan ekor. Pengemudi perahu akan menyandarkan perahunya pada sebuah wihara di tepi sungai.

Di sini, ia lantas membagikan beberapa potong roti tawar kepada penumpangnya. Satu potong roti harganya sekitar 25 bath. Kamu bisa merobek-robek roti itu dan melemparkan ke sungai. Para penghuni sungai pun akan berebut menikmati makan siangnya.

Orang Thailand percaya, ritual memberi makan ikan di sungai ini berguna untuk membuang sial. Ikan-ikan ini juga pantang ditangkap karena akan mengundang musibah. Namun, bila kamu melihat ikan patin berwarna putih, konon itu menjadi firasat akan datangnya berkah.

2. Wat Arun

Foto-foto: Iklan Kompas/ Tyas Ing Kalbu

Jalan-jalan di Sungai Chao Phraya selalu dipadukan dengan mengunjungi Wat Arun atau Temple of Dawn. Ini adalah kuil yang amat apik. Dindingnya berlapis keramik China dan kaca rupa-rupa warna. Kuil ini berumur lebih dari 170 tahun dan dibangun oleh Raja Prak Nang Klao atau Rama II.

Wat Arun adalah candi Buddha. Saat senja maupun matahari terbit, keindahan Wat Arun sungguh elok. Banyak momen yang bisa diabadikan pada dua waktu tersebut.

3. Belanja suvenir di Wat Arun

Di kompleks Wat Arun terdapat pasar yang menjual cendera mata khas Thailand. Mulai dari kaos oblong, gantungan kunci, sandal, hingga piring yang disablon dengan gambar wajah wisatawan. Para pedagang di pasar ini sepertinya telah terbiasa dengan turis dari Indonesia.

Para pedagang itu mengerti bahasa Indonesia dan memahami gaya hidup orang Indonesia yang gemar belanja. Mereka bahkan menerima pembayaran dalam mata uang rupiah bila bath yang kita bawa telah ludes. Malahan, mereka mengaku lebih senang dibayar dengan rupiah sebab keuntungan yang didapat lebih banyak. Tak heran bila mereka cakap dan cekatan dalam mengonversi harga cendera mata dari bath ke rupiah.

Berbelanja di pasar cendera mata Wat Arun ini, kamu akan mendapat barang yang mutu dan motifnya mirip dengan Tanah Abang, Jakarta. Oleh sebab itu, belanjakan saja uang secukupnya.

4. Gems Factory

Tak lengkap rasanya jika ke Bangkok tanpa mengunjungi Gems Factory di Pattaya yang bisa dicapai dengan bus atau menyusuri Sungai Chao Phraya. Gems Factory adalah pabrik pembuatan dan pengolahan emas atau mutiara menjadi perhiasan cantik dan mahal.

Pabrik ini sering menawarkan promosi potongan harga bagi turis yang mengunjunginya. Namun, tetap saja harganya terbilang tinggi. Jadi, kalaupun tak membeli, kamu tetap boleh melihat-lihat sekadar menambah pengalaman.

5. Mah Boonk Kong Center

Kalau mau punya pengalaman berbelanja di mal-mal Bangkok, kamu bisa mengunjungi salah satunya, yakni Mah Boonk Kong Center alias MBK. MBK memberikan suasana berbelanja ala pasar, tetapi dengan tempat yang nyaman berpendingin udara.

Harga barang atau oleh-oleh di mal ini pun terbilang lebih murah dibanding dengan pusat perbelanjaan lain di Bangkok. Pusat perbelanjaan berlantai 8 ini terletak di Phyathai Road.