Mancanegara

6 Kuil yang Wajib Dikunjungi di Bangkok

Bangkok adalah salah satu kota paling menarik di Thailand, bahkan Asia. Kuliner, derap kehidupan urban, dan budaya menyatu di kota ini. Tentu, ketika berkunjung ke sana, kita tak boleh melewatkan pula kuil-kuilnya. Thailand memang negara kuil. Ada lebih dari 40 ribu kuil atau wihara yang tersebar di negara ini. Di Bangkok sendiri, terdapat sekitar 400 »

Wat Phra Kaew (Foto-foto: Shutterstock)

Bangkok adalah salah satu kota paling menarik di Thailand, bahkan Asia. Kuliner, derap kehidupan urban, dan budaya menyatu di kota ini. Tentu, ketika berkunjung ke sana, kita tak boleh melewatkan pula kuil-kuilnya.

Thailand memang negara kuil. Ada lebih dari 40 ribu kuil atau wihara yang tersebar di negara ini. Di Bangkok sendiri, terdapat sekitar 400 kuil. Tak heran, ke mana pun kita menuju, bangunan kuil akan tertangkap mata.

Mengapa ada banyak sekali kuil di Thailand? Charlemsak, pemandu wisata asal Thailand, menjelaskan kuil merupakan bagian penting dalam keseharian orang Thailand. Orang pergi ke kuil untuk berdoa memohon kesehatan, keberuntungan, dan kesejahteraan. Mereka juga meminta nasihat dari para biksu di kuil.

“Selain itu, kuil di Thailand adalah juga sarana pendidikan. Dulu, kuil selalu menjadi tempat bagi para orangtua untuk menitipkan anaknya belajar tentang Buddha dan kehidupan,” tambah Charlemsak.

Saking banyaknya kuil di Bangkok, meski semuanya menarik, tak mungkin wisatawan mengunjunginya satu per satu. Kita mesti memilih, dan ini enam rekomendasi untuk kamu sambangi ketika suatu saat ke Bangkok.

1. Wat Phra Kaew

Kamu bisa memulainya dari Wat Phra Kaew atau Vihara Buddha Zamrud. Kuil ini adalah salah satu yang terpenting di Thailand. Terletak di Grand Palace atau area istana utama, Wat Phra Kaew adalah wihara yang paling banyak dikunjungi di Bangkok. Diukir pada sebongkah giok, Buddha Zamrud adalah ikon kuil ini.

2. Wat Pho

Wat Pho adalah salah satu kuil terbesar dan tertua di Bangkok. Patung Buddha Bersandar atau Buddha Tidur yang terdapat di kuil ini memiliki panjang 46 meter dan tinggi 15 meter. Patung ini menyimbolkan kebahagiaan dan perjalanan Buddha mencapai nirwana.

3. Wat Arun

Wat Arun

Kuil ini terletak di tepi sungai Chao Phraya. Wat Arun mengambil namanya dari Aruna, Dewa Fajar dalam mitologi India. Arsitektur kuil ini merepresentasikan pusat dunia dalam kosmologi Buddhis. Kuil ini sangat berkilau pada waktu senja, saat ketika turis-turis menikmatinya dari beragam sudut.

4. Wat Traimit

Wat Traimit atau Kuil Buddha Emas, seperti namanya, punya patung Buddha dari emas yang besar di dalamnya. Kuil berwarna putih dan emas ini terletak di kawasan Pecinan di Jalan Yaowarat. Jadi, setelah berkunjung ke kuil, kamu bisa berjalan-jalan di kawasan Pecinan yang juga menarik.

5. Wat Saket

Kuil lain yang layak disambangi adalah Wat Saket. Para pendoa dan turis mengunjungi kuil ini sepanjang tahun, terutama biasanya pada November, ketika ada festival yang menampilkan prosesi cahaya lilin naik dari Wat Phukhao Thong menuju Chedi Phukhao Thong.

6. Wat Suthat

Wat Suthat

Kuil ini dikenal terutama karena tiang merah yang menjulang setinggi 21 meter di bagian depan kuil, Giant Swing. Giant Swing dahulu digunakan sebagai bagian dalam upacara Festival Brahman. Dalam festival ini, koin-koin emas digantungkan di dekat puncak Giant Swing. Setelah itu, para pemuda, melontarkan diri dengan bantuan tongkat jati, berupaya melompat setinggi-tingginya dan meraih koin emas itu.

Kuil-kuil tersebut sangat menarik untuk didatangi. Selain melihat-lihat dan berfoto, pastikan juga untuk menggali cerita soal kuil tersebut. Perjalananmu akan lebih mengesankan.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close