Berwisata ke negara-negara eksotis di Afrika seperti Mesir, Afrika Selatan, Tanzania, Zimbabwe, dan Kenya, tentu akan sangat mengesankan. Di sana, kita akan mendapatkan pengalaman menikmati eloknya alam dan keanekaragaman satwa dan ekosistemnya, ditambah dengan sejarah yang ada di dalamnya.

Bertualang menaklukkan alam di Afrika dan negara-negara lain akan memberikan kebanggaan tersendiri, terlebih bila semua dipersiapkan secara matang. Untuk itu, sudah sepatutnya Anda mempersiapkan beberapa hal agar petualangan menjadi penuh sensasi.

1. Siapkan fisik

Kondisi fisik turut menjadi penentu kenyamanan saat bertualang. Pastikan tubuh dan pikiran Anda dalam kondisi prima. Iklim yang berbeda-beda, baik tropis, subtropis, maupun gurun, tentu tidak menghalangi kenikmatan berlibur jika kita fit. Perubahan cuaca tak menentu juga bukan menjadi sandungan berarti bila memiliki fisik yang prima.

2. Bawa perlengkapan

Pastikan sebelum berangkat, Anda sudah membawa segala perlengkapan luar ruang seperti pakaian hangat atau jaket, payung, topi, serta sepatu yang layak digunakan dalam segala kondisi. Jangan lupa pula untuk membawa obat-obatan guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, seperti kaki lecet atau badan yang mulai letih.

3. Bersekutu dengan alam

Negara-negara di Afrika terkenal dengan alamnya yang indah. Untuk itu, cobalah untuk bisa bersekutu dengan alam agar semakin dalam Anda menikmati suguhan yang ada di negara tersebut. Misalnya, dengan mendirikan tenda di tempat terbuka dan aman yang memiliki pemandangan memukau.

4. Pelajari budaya lokal

Mempelajari budaya dan bahasa lokal akan semakin memudahkan kita ketika ingin berwisata ke tempat-tempat anti-mainstream. Dengan mempelajari bahasa setempat, Anda bisa bertanya tentang spot-spot mana saja yang menarik dan jarang dikunjungi. Kita juga akan semakin dimudahkan ketika ingin mengajak warga setempat untuk berswafoto.

5. Rekam setiap momen

Bertualang ke alam liar atau obyek-obyek wisata yang jarang dikunjungi banyak orang tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri. Oleh sebab itu, jangan sampai terlewat untuk selalu merekam setiap momen langka tersebut. Bawalah perlengkapan fotografi yang mumpuni tetapi cukup kompak untuk dibawa ke mana-mana agar tidak menyulitkan saat di perjalanan.

6. Pelajari perilaku satwa

Selain alam yang indah, negara-negara di Afrika memiliki keragaman satwa yang jarang dijumpai di banyak negara. Untuk itu, alangkah baiknya mempelajari perilaku hewan-hewan di sana sebelum bertualang. Selain menghadirkan sensasi tersendiri, dengan mengetahui lebih dalam karakteristik hewan, kita bisa memotret satwa-satwa langka tersebut dengan lebih dramatis.

7. Beli cendera mata

Sisihkan uang Anda untuk membeli cendera mata atau kenang-kenangan saat bertualang ke tempat-tempat jarang dikunjungi wisatawan pada umumnya. Tak perlu mahal, tetapi dapat mencerminkan bahwa kita sudah pernah mengunjungi obyek wisata tersebut. Ini akan membuat kita semakin termotivasi untuk lebih banyak lagi bertualang ke tempat lain yang tak kalah menantang.

Foto: Shutterstock

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 September 2019.