Berwisata kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Berwisata bukan sekadar jalan-jalan, makan-makan, dan melihat-lihat. Pengalaman menjadi hal penting yang dicari.

Tahun lalu, Presiden Joko Widodo telah menyoroti pergeseran terkait era digital terhadap pola konsumsi masyarakat. Hal yang dianggap bergengsi bukan lagi berwujud barang, tetapi beralih menjadi pengalaman. Itu pula antara lain yang mendorong Pemerintah menjadikan pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan.

Kompas Travel Fair

Di tengah gelora semangat tersebut, Kompas Travel Fair kembali digelar. Event ini berlangsung selama 3 hari, 20–22 September 2019, di Jakarta Convention Center. Selain di Ibu Kota, Kompas Travel Fair diadakan di sejumlah kota yaitu Makassar, Medan, dan Surabaya. Pada penyelenggaraan tahun ini, Kompas Travel Fair menawarkan variasi yang lebih beragam untuk paket liburan, tiket pesawat, arena wisata, hotel, hingga perlengkapan travel.

Kompas Travel Fair yang tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun kedelapan, mengusung tema “Explore It Your Way”. Melalui tema ini, Kompas menyadari bahwa kebutuhan masyarakat terkait wisata amat beragam dan event ini diharapkan dapat menjadi sarana bertemunya para pelaku industri wisata dengan berbagai segmen wisatawan, dalam konteks kebutuhan yang makin beragam tersebut.

“Jika dilihat dari hasil survei tahun lalu, kami mengambil kesimpulan bahwa dari sejumlah pengunjung yang hadir mereka tertarik untuk mencari paket wisata domestik. Oleh karena itu, tahun ini, kami memberikan penawaran paket wisata di Indonesia khususnya wisata ke daerah timur Indonesia,” ujar Deputi General Manager Kompas Diana Eka Puspitasari. Meski demikian, ia menambahkan, paket-paket wisata luar negeri pun tetap ditawarkan, antara lain ke kawasan Asia, Amerika, dan Eropa.

Tren lain yang sedang mengemuka juga adalah wisata halal. Lebih dari sekadar wisata religi atau destinasi religius, yang dimaksud dengan wisata halal juga termasuk kunjungan ke destinasi-destinasi umum, tetapi yang telah memperhatikan atau memberi kemudahan bagi wisatawan muslim. Sejumlah destinasi di negara-negara Eropa barat atau Asia timur kini juga hadir dalam paket-paket wisata halal.

Melengkapi pengalaman berwisata, belum lengkap kunjungan sebuah destinasi jika tidak mencicipi hidangan khas setempat. Oleh karena itu, Kompas Travel Fair kali ini pun menghadirkan kuliner-kuliner khas dari sejumlah negara.

Penawaran menarik

Selain itu, tentu saja Kompas Travel Fair menghadirkan paket-paket dan promosi-promosi menarik yang memang ditunggu-tunggu para pencinta traveling.

Untuk mendukung destinasi di kawasan timur Indonesia, terdapat program khusus berupa cashback Rp 1,5 juta untuk pembelian tiket (PP) ke Labuan Bajo. Program cashback juga berlaku untuk destinasi mancanegara, yaitu Frankfurt, Dubai, Bangkok, dan London hingga senilai Rp 1,75 juta.

Program cashback ini berkat dukungan sponsor utama CIMB Niaga. Pemegang kartu kredit CIMB Niaga juga dapat mengikuti menikmati cicilan 0 persen hingga 12 bulan dan hemat hingga 100 persen dengan Poin Xtra. Bagi yang belum memiliki kartu kredit CIMB Niaga, jangan khawatir karena Anda bisa langsung mengajukan permohonan di Kompas Travel Fair. Proses untuk mendapat kartu kredit hanya 3 jam. Catat syarat yang diperlukan, yaitu KTP, NPWP, slip gaji, dan kartu kredit bank lain.

Bagi yang ingin berwisata di dalam kota, tersedia pula Program Serbu Tiket Wahana. Program seru ini menawarkan harga tiket serba Rp 50.000 untuk sejumlah atraksi menarik, yaitu Jungleland, Taman Safari, Jakarta Aquarium, dan Dunia Fantasi.

Pencinta kuliner juga mendapat tempat di Kompas Travel Fair. Terdapat Program Serbu Serba Rp 20.000 untuk voucer senilai Rp 100.000 dari Ojju, Fish & Co, Imperial Tables, dan Imperial Kitchen & Dimsum. Tersedia pula cashback hingga 70 persen di area food travelers.

Untuk program wisata halal, juga tersedia cashback menarik. Sementara untuk aksesori seperti tas dan koper juga terdapat penawaran menarik di antaranya koper Kamiliant 20’ dari harga Rp 1.490.000 menjadi hanya Rp 399.000.

Singkatnya, berbagai kebutuhan para pencinta traveling tersedia di Kompas Travel Fair 2019. Seperti diutarakan Direktur Bisnis Harian Kompas Lukas Widjaja, “Kompas Travel Fair merupakan wujud dari dukungan Harian Kompas terhadap industri pariwisata Indonesia dan mancanegara. Melalui acara ini, kami ingin menjadi penghubung masyarakat dan industri pariwisata.”

Jangan sampai ketinggalan, pastikan Anda hadir di Kompas Travel Fair 2019. Pameran berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Tiket masuk dapat dibeli secara on the spot seharga Rp 25.000. Atau, dengan menggunakan kartu kredit atau debit CIMB Niaga, Anda cukup membayar Rp 1 untuk tiket masuk Kompas Travel Fair 2019.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 September 2019.