Tips Wisata

Persiapan Mengajak Si Kecil Naik Kereta Api

Jalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Khusus untuk si kecil, jalan-jalan bisa sekaligus menjadi sarana untuk belajar kemandirian dan kepekaan sosial.

Ilustrasi anak naik kereta

Ilustrasi anak naik kereta. (Shutterstock)

Jalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Khusus untuk si kecil, jalan-jalan bisa sekaligus menjadi sarana untuk belajar kemandirian dan kepekaan sosial.

Nah, jalan-jalan ada kalanya memerlukan moda transportasi. Salah satunya, naik kereta api. Mengajak anak-anak naik kereta api akan sangat menggembirakan mereka. Apalagi kereta api masa kini sudah jauh lebih nyaman dan aman.

Tak ada salahnya sesekali kita mengajak si kecil ke luar kota menggunakan kereta api. Namun, ingat, pada masa transisi menuju kewajaran baru ini, kita tetap wajib menaati protokol kesehatan. Di samping itu, beberapa persiapan juga perlu dilakukan.

Sebelum berangkat, pastikan si kecil dalam keadaan sehat. Kemudian, selalu gunakan masker, menjaga jarak dengan penumpang lain, dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Tak lupa, amat dianjurkan untuk membawa peralatan makan-minum pribadi dan bekal makanan yang sehat.

Sebelum membeli tiket, bacalah dengan teliti persyaratan naik kereta api di masa transisi kewajaran baru, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Untuk perjalanan luar kota, sebaiknya pesanlah kelas tiket yang lebih tinggi untuk memberikan kenyamanan perjalanan yang lebih optimal. Bila si kecil telah berusia tiga tahun, biasanya wajib memiliki kursi tersendiri sehingga kita bisa memilih yang dekat dengan jendela.

Selanjutnya, kita bisa memilih jadwal keberangkatan pagi hari agar anak dapat menikmati pemandangan indah selama perjalanan. Jangan lupa membawa jaket, obat-obatan pribadi, popok sekali pakai, tisu basah, dan kantong plastik.

Kita juga bisa membawakan boneka atau mainan kesayangan si kecil untuk meredakan rasa bosan yang bisa melanda sewaktu-waktu. Jika anak gemar menggambar, mainan bisa diganti dengan buku gambar dan krayon. Selama perjalanan, sesekali ajaklah si kecil menggambar pemandangan atau kereta api yang telah ia lihat.

Sebaiknya hindari membawa barang atau tas terlalu banyak agar orangtua tetap bisa fokus mengawasi si kecil. Usai berlibur, ajak si kecil pulang naik kereta dengan jadwal malam hari agar dia juga bisa mendapat pengalaman perjalanan selepas senja. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Tips Wisata Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close