Lokal

Pesona Tebing dan Ngarai di Lembah Harau

Dua sisi tebing batu yang menjulang itu mengapit ngarai yang menghampar hijau. Dari ceruk-ceruk tebing, air terjun dengan bebas mengempas dasar lembah. Siapa tak terpikat panorama Lembah Harau? Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota memang menjadi destinasi Sumatera Barat yang digandrungi beberapa tahun belakangan. Topografi alamnya menjadi magnet utama. Tebing itu setinggi »

Lembah Harau. (dok shutterstock)

Lembah Harau. (dok shutterstock)

Dua sisi tebing batu yang menjulang itu mengapit ngarai yang menghampar hijau. Dari ceruk-ceruk tebing, air terjun dengan bebas mengempas dasar lembah. Siapa tak terpikat panorama Lembah Harau?

Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota memang menjadi destinasi Sumatera Barat yang digandrungi beberapa tahun belakangan. Topografi alamnya menjadi magnet utama.

Tebing itu setinggi kira-kira 200 meter, lembah datar yang diapitnya menjadi lokasi untuk permukiman yang saat ini juga difungsikan sebagai desa wisata. Sejumlah air terjun melengkapi moleknya lanskap Lembah Harau. Mengingatkan kita sedikit pada gambaran desa cantik Lauterbrunnen di Swiss.

Dari banyaknya air terjun di Lembah Harau, ada beberapa yang kerap dikunjungi wisatawan. Yang paling populer adalah Air Terjun Sarasah Jambu, yang letaknya paling dekat dengan gerbang masuk dari arah Payakumbuh. Selain itu, ada Akar Barayun, Sarasah Air Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai, dan Sarasah Aie Angek.

Pengunjung yang tidak puas sekadar mampir bisa menginap di pondok-pondok wisata yang disediakan warga desa. Selain mendapat privilese untuk menikmati keelokan Lembah Harau lebih lama, mereka yang menghabiskan dua tiga malam di tempat ini bisa pula berinteraksi lebih dalam dengan warga desa sehingga pengalaman berwisata pun menjadi lebih komplet. Pengunjung juga dapat terlibat dalam beragam aktivitas yang disiapkan, seperti trekking di area tebing.

Adaptasi kebiasaan baru

Sempat ditutup selama masa awal pandemi Covid-19, Lembah Harau kini sudah kembali dibuka untuk wisatawan. Tentu, protokol kesehatan kini diterapkan, sesuai dengan yang sudah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pengurus objek wisata Lembah Harau telah menyiapkan kebutuhan protokol kesehatan, seperti pengukur suhu tubuh (thermo gun), masker, tameng wajah (face shield), fasilitas untuk mencuci tangan, serta peringatan berupa imbauan pencegahan Covid-19. Selain itu, diberlakukan pula pembatasan jumlah pengunjung.

Kecantikan Lembah Harau begitu unik. Apabila suatu saat kamu ingin bepergian ke lanskap yang menarik, tempat ini bisa dimasukkan ke dalam daftar destinasimu.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close