Mancanegara

Inilah Cinque Terre, Perdesaan di Tepi Laut Mediterania

Terlepas Italia menjadi salah satu negara di Eropa yang cukup parah terpapar wabah Covid-19, negara ini sungguh sangat memesona dengan segala peninggalan sejarahnya. Untuk itu, jika kelak situasi sudah dinyatakan aman dan kita bisa jalan-jalan lagi, Italia bisa menjadi destinasi pertama untuk dikunjungi. Namun, ingat, meski vaksin nanti telah ditemukan dan kita bisa berpelesir kembali, »

Foto-foto: Shutterstock.

Terlepas Italia menjadi salah satu negara di Eropa yang cukup parah terpapar wabah Covid-19, negara ini sungguh sangat memesona dengan segala peninggalan sejarahnya. Untuk itu, jika kelak situasi sudah dinyatakan aman dan kita bisa jalan-jalan lagi, Italia bisa menjadi destinasi pertama untuk dikunjungi.

Namun, ingat, meski vaksin nanti telah ditemukan dan kita bisa berpelesir kembali, tetap lakukan protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, dan sering mencuci tangan dengan sabun. Kalau perlu, kita bisa membawa peralatan makan-minum pribadi.

Perkembangan Italia sebagai salah satu tren fashion dunia, diperkaya dengan cita rasa kulinernya. Belum lagi ditambah kedigdayaan timnas sepak bolanya, membuat negara ini selalu menjadi impian banyak orang untuk memperkaya pengalaman berliburnya.

Salah satu tujuan yang patut disinggahi saat ke Italia adalah Cinque Terre. Destinasi ini terletak di wilayah Toscana dan merupakan suatu area yang memadukan keindahan daratan dan lautan. Elok sekali.

Pegunungan yang menyatu dengan lautan memberikan kesan tersendiri yang dapat membuat kamu jatuh cinta. Cinque Terre artinya lima desa, yang meliputi Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza, dan Monterosso.

Desa-desa cantik yang berdiri di tepi karang-karang terjal tepi Laut Mediterania ini telah menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Desa-desa dengan jalanan sempit tersusun secara rapi dan rumah-rumah bertingkat dengan warna-warna meriah, seperti kuning, merah muda, jingga, dan kecokelatan menjadi pemandangan yang unik.

Kelima desa tersebut dihubungkan dengan jalan setapak di tepi karang, persis di tepi Laut Mediterania. Kamu bisa berjalan kaki menyusuri Taman Nasional Cinque Terre. Jangan lupa menggunakan sepatu karet jika memang ingin menyusuri satu desa ke desa lainnya.

Di antara kelima desa di Cinque Terre, yang menarik perhatian para pemuja romantisme adalah Desa Manarola dan Riomaggiore. Alasannya, di antara kedua desa terdapat La Via de’ll Amore (lovers pathway), jembatan penghubung dua desa yang di kanan-kirinya dipenuhi ratusan gembok yang ditulisi nama pasangan.

Sebagai simbol cinta sejati yang tidak terpisahkan, kunci gembok lalu dilempar ke laut. Mirip dengan jembatan cinta Ponts des Arts di Paris.

Jadi, jika kamu bisa bersiap, mulai dari sekarang untuk menyusun rencana perjalanan ke sana. Caranya, bisa mulai menabung dan terus menjaga kesehatan. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close