Tips Wisata

Ini Cara Memilih Biro Perjalanan Wisata

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengabarkan perkiraan kapan vaksin Covid-19 akan tersedia, mungkin banyak orang mulai bersiap kembali untuk melakukan perjalanan wisata. Namun, jika nanti vaksin sudah tersedia dan pandemi dapat segera teratasi, sebaiknya tetap melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, selalu cuci tangan dengan sabun, serta membawa bekal dan peralatan makan sendiri. »

Foto-foto: Shutterstock.

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengabarkan perkiraan kapan vaksin Covid-19 akan tersedia, mungkin banyak orang mulai bersiap kembali untuk melakukan perjalanan wisata. Namun, jika nanti vaksin sudah tersedia dan pandemi dapat segera teratasi, sebaiknya tetap melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, selalu cuci tangan dengan sabun, serta membawa bekal dan peralatan makan sendiri.

Bila situasi telah dinyatakan aman, ada kemungkinan tawaran diskon paket wisata akan kembali memenuhi media cetak maupun dunia daring. Sebab, ada banyak orang yang sudah berbulan-bulan harus menahan diri untuk lebih banyak di rumah.

Banyaknya tawaran paket wisata di satu sisi menyenangkan. Namun, di sisi lain, bisa jadi membingungkan. Oleh sebab itu, kita dituntut untuk lebih selektif dalam memilih biro wisata.

Seorang manajer komunikasi dan humas sebuah biro wisata nasional pernah menyarankan agar pelancong lebih cerdas dan kritis untuk mendapatkan kepuasan berlibur yang maksimal dengan harga minim. Berikut ini, beberapa cara memilih biro perjalanan.

Kumpulkan informasi

Sebagai langkah awal, kumpulkan informasi dari berbagai sumber. Perkembangan informasi dan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi kita dalam mencari informasi lebih detail, salah satunya melalui internet. Referensi dari kerabat yang mempunyai pengalaman menggunakan biro wisata tertentu juga patut dipertimbangkan.

Perbandingan setara

Kemudian, lakukan perbandingan setara antara biro wisata yang satu dengan lainnya. Bandingkan sejumlah biro wisata yang menawarkan tujuan dan lama paket perjalanan yang sama jika ingin memilih paket liburan yang terjangkau. Untuk biro wisata yang merupakan konsorsium, umumnya menawarkan harga yang relatif sama.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan program-program yang ditawarkan, apakah sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak. Pastikan juga apakah paket tersebut telah mencakup akomodasi, makan, dan city tour sehingga budget dapat diatur dengan tepat. Akan lebih menyenangkan lagi, jika Anda diberi kesempatan untuk mengubah rute perjalanan.

Kunjungi pameran

Untuk mendapatkan harga minim, kunjungi pameran yang diselenggarakan oleh biro wisata tersebut. Melalui pameran dan kegiatan promo, kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding harga biasanya. Selain itu, pilihlah biro wisata yang memperbolehkan pelancong memilih transportasi dan penginapan sendiri untuk semakin menekan biaya.

Perhatikan kualitas pelayanan

Kepergian pada peak season tidak akan menjadi masalah, jika tiket telah dipesan jauh sebelum hari keberangkatan. Kita harus memastikan bahwa hari keberangkatan nanti tidak bentrok dengan jadwal lain.

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu kualitas pelayanan yang ditawarkan. Biro wisata yang responsif, informatif, dan kooperatif tentunya akan membantu kenyamanan perjalanan kita. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Tips Wisata Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close