Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta sangatlah menyenangkan. Baik itu bersama keluarga, sahabat, maupun kekasih. Destinasi-destinasi indah yang ada di dalam maupun luar negeri pun menjadi sasaran utama untuk menciptakan kenangan indah selama liburan. 

Namun, untuk mencapai dan menghabiskan waktu di destinasi indah pilihan Anda tentunya akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Mulai dari penginapan, transportasi, hingga tiket pesawat tentu saja memerlukan kocek yang dalam. Tapi tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan liburan hemat tanpa perlu biaya yang mahal, lho.  

Bagaimana caranya? Mari simak beberapa tips di bawah ini yang dapat membantumu!

 

Hindari berlibur saat High Season

Hindari bepergian saat high season
Gambar: Shutterstock

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum pergi berlibur adalah masa dimana Anda akan berlibur. Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi, semua tarif biaya mulai dari tiket pesawat, hotel, restoran, dan harga tiket masuk ke tempat wisata sangat mungkin untuk meningkat hingga 2 kali lebih mahal dari hari biasa atau saat low season.  

Dengan menghindari pergi berlibur saat high season, selain lebih hemat, Anda juga bisa menikmati setiap destinasi tanpa perlu khawatir dengan keramaian yang membuat sesak karena banyaknya orang yang berlibur ke destinasi Anda disaat high season

 

Membuat rencana perjalanan

Siapkan rencana perjalanan
Gambar: Shutterstock

Sebelum pergi berlibur, selalu buat rencana perjalanan selama Anda berada di destinasi pilihan. Dengan membuat rencana perjalanan ini, Anda telah memiliki persiapan dan tidak bingung akan apa yang Anda akan lakukan dan destinasi mana yang akan dikunjungi. Selain itu, dengan membuat rencana perjalanan Anda bisa mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan saat Anda berkunjung ke beberapa tempat wisata, seperti harga tiket masuk, harga penginapan, dan makanan.  

 

Pilihlah tempat penginapan yang nyaman namun ekonomis

Pilih tempat penginapan yang nyaman dan ekonomis
Gambar: Shutterstock

Menghabiskan malam hari saat liburan tidak selalu harus di tempat penginapan yang mahal. Anda dapat menghabiskan malam di tempat penginapan ekonomis namun dengan pelayanan dan kualitas yang tidak kalah dengan tempat penginapan mahal. Jadi Anda tetap bisa tidur nyenyak dan nyaman dengan biaya yang murah.

Pada umumnya, paket tur yang bersangkutan akan menyediakan itinerary yang telah termasuk dengan tempat penginapan. Maka itu, perlu Anda cermati dengan melakukan riset dengan mencari informasi melalui internet di mesin pencarian Google. 

 

Manfaatkan Transportasi Umum

Manfaatkan transportasi umum
Gambar: Shutterstock

Saat liburan tentunya Anda tidak akan hanya menetap di satu lokasi, bukan? Nah, untuk menghemat biaya transportasi yang dikeluarkan saat hendak berpindah-pindah tempat, Anda bisa menggunakan angkutan umum. Selain murah, Anda juga bisa bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan warga lokal selama di angkutan umum. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan ide destinasi indah dari mereka.

 

Selalu ikuti promo

inovasi terbaru ktf 2019

Yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk dilakukan. Tentunya Anda sering memperhatikan update promo liburan, bukan? Untuk Anda yang belum pernah mencoba mencari tahu promo-promo liburan, Anda bisa melakukannya melalui media sosial, atau mendatangi Travel Fair yang diadakan di kotamu. Seperti Kompas Travel Fair 2019, pameran wisata yang menawarkan variasi paket liburan, tiket pesawat, arena wisata, hotel, hingga perlengkapan travel yang Anda kunjungi.

 Kompas Travel Fair 2019 juga menawarkan paket liburan murah untuk kalian! Mulai dari halal packages, Indonesia domestic packages, hingga adventure packages, Anda akan menemukan pilihan destinasi terbaik

 Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pameran liburan ini, Anda bisa datang ke pameran yang akan diadakan pada tanggal 20-22 September 2019 di 4 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan.

 Tandai kalendermu dan mari kunjungi Kompas Travel Fair 2019!

Tags : featuredtips