Ada banyak hal yang dapat Anda peroleh dari menjelajahi berbagai tempat. Anda dapat memperoleh teman-teman baru, pengalaman baru, dan cerita baru. Ketika Anda mulai menjelajahi tempat-tempat baru, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orang-orang yang tinggal di sana, termasuk budaya, sejarah, dan latar belakang mereka.

 Studi menunjukkan bahwa bepergian dapat meningkatkan kesehatan dan kreativitas Anda secara keseluruhan. Karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengambil sedikit waktu dari rutinitas sehari-hari, tanggung jawab kantor dan tekanan sehari-hari setidaknya sekali dalam setahun. Berpetualanglah ke kota baru yang tidak dan rasakan keindahan Indonesia secara menyeluruh. 

 Kami telah merangkum beberapa manfaat dari kegiatan traveling yang tidak Anda sadari, mari simak dibawah ini! 

Mengenal berbagai ragam budaya Indonesia

Mengenal budaya Indonesia
Gambar: Shutterstock

Salah satu manfaat utama dalam traveling, terutama ke kota yang menggunakan bahasa daerah yang khas, membuat mata Anda terbuka untuk melihat ragam budaya Indonesia yang sangat kaya dan berbeda-beda. Anda bisa melihat kesamaan dan juga perbedaan gaya hidup Anda dan warga-warga lokal. Anda akan membawa pulang banyak kenangan baru dan juga pelajaran hidup yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. 

Menenangkan pikiran dan menghilangkan stres

Menghilangkan stres dan beban pikiran
Gambar: Shutterstock

Dalam menjalani kehidupan, seringkali kita mengalami stres dan kepenatan yang dapat mengganggu. Maka itulah, bepergian dapat menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bepergian mengajak kita untuk memisahkan diri kita sendiri dari rutinitas normal kita, membantu kita menghargai orang-orang dan hal-hal yang ada di sekitar kita. Seperti kata pepatah terkenal “kita tidak pernah tahu apa yang kita miliki sampai kita kehilangannya.” Dengan melihat pemandangan alam atau perkotaan yang menakjubkan, Anda akan sejenak melupakan stres dan ketegangan yang Anda rasakan dalam rutinitas Anda. 

Membawa Anda Keluar Dari Zona Nyaman

Gambar: Shutterstock

Diyakini bahwa jika seseorang keluar dari zona nyamannya, pikiran orang tersebut dapat menjadi lebih kreatif. Untuk mengembangkan koneksi saraf baru di otak yang memicu pemikiran orisinal dan kreatif, Anda harus menjelajahi tempat-tempat baru dan keluar dari rutinitas harian Anda. Setiap dari kita memiliki rutinitas dan komunitas yang sudah menjadi zona nyaman bagi kita. Semakin berjalannya waktu, kita pun menjadi terbiasa dan jenuh dalam peran dan kegiatan sehari-hari ini dan ide untuk keluar dari zona ini bisa terasa menakutkan. 

Dalam banyak kasus, seseorang paling banyak belajar dalam situasi yang tidak nyaman dan asing. Dalam rutinitas harian Anda, Anda sudah tahu bagaimana harus bertindak dan berperilaku terhadap orang dan lingkungan Anda. Berada di tempat baru, dengan orang-orang yang memiliki jalan pikir dan cara hidup yang berbeda-beda menghilangkan semua kebiasaan tersebut, dan Anda bisa merasa sangat tertekan dan takut. Namun begitu Anda berusaha dan berhasil terhubung dengan orang-orang ini, meskipun ada perbedaan, Anda akan menjadi handal dalam bernavigasi di lingkungan baru dan menjadi individu yang lebih cerdas dan kompeten. Ketidaknyamanan harus Anda rangkul karena itulah yang membuat Anda tumbuh. 

Menambah wawasan Anda dan mempunyai pandangan yang lebih terbuka terhadap perbedaan.

Traveling membuka wawasan dan perskpektif baru
Gambar: Shutterstock

Dengan adat dan budaya Indonesia yang berbeda-beda, Anda akan belajar untuk mengenal perbedaan dalam sudut pandang orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Anda belajar untuk menghargai perbedaan, dimana Anda akan mengerti tantangan-tantangan yang membuat mereka berbeda satu sama lain. Selain itu, di perjalanan Anda akan sering menemukan kejutan-kejutan yang mengharuskan Anda berpikir kreatif dan solutif untuk menghadapi tantangan baru. Anda bisa menemukan ide-ide ala warga lokal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya! 

Maka itu, bepergian dan berwisata ke daerah di Indonesia yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya tak hanya dapat menghilangkan stres Anda namun juga bisa menjadi pelajaran kehidupan yang sangat berharga. Jadwalkan petualangan Anda bersama Kompas Travel Fair dan rasakan pengalaman liburan ke daerah-daerah Indonesia yang tidak ada duanya!