Pilihan destinasi kerap kita sesuaikan dengan preferensi personal. Wisata alam, perkotaan, arsitektur, atau belanja. Ketika sampai pada Turki, tak perlulah berdebat. Negara ini punya semuanya.

Dari alam yang mengesankan sampai kota yang sibuk, dari pemandangan selat yang manis sampai naik balon udara yang magis. Turki adalah tujuan ideal bagi para petualang, pencinta budaya, sampai penikmat kuliner. Berikut ini jenis wisata yang bisa Anda alami di Turki.

Wisata pesiar

Pesiar melintasi Selat Bosporus adalah salah satu pengalaman paling mengesankan dari wisata di Turki. Selat ini berada di antara benua Asia dan Eropa, tempat bertemunya Laut Marmara dan Laut Hitam. Kapal Anda akan menjelajah kota-kota, melewati istana-istana serta bangunan dengan arsitektur khas Ottoman. Ada pula benteng-benteng, rumah kayu tradisional, sampai vila modern.

Sepanjang jalan, Anda akan melewati antara lain Dolmabahce Palace, salah satu rumah Kaisar Ottoman pada 1856–1922. Anda juga dapat melihat stadion sepak bola Vodafone Arena. Lanjutkan perjalanan melintasi Benteng Rumeli yang dibangun pada 1453. Benteng ini memberikan Ottoman kemampuan untuk mengontrol Selat Bosporus dan semua kapal yang ingin melintas.

Wisata arsitektur

Tak mengherankan jika Turki menjadi tempat favorit bagi para peminat arsitektur. Ada Haghia Sophia, bangunan yang dulunya gereja, kemudian difungsikan sebagai masjid, dan sekarang menjadi museum. Topkapi Palace yang adalah istana Kesultanan Ottoman zaman dahulu juga menjadi destinasi wajib.

Foto-foto: Shutterstock.

Kota Bursa menyajikan kekayaan arsitektur yang lain. Masjid yang memiliki 20 kubah dan 2 menara ini adalah salah satu bangunan paling penting dan mengesankan di Bursa. Bangunan ini juga menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagian eksteriornya terbuat dari batu. Di halamannya terdapat air mancur. Di bagian interiornya, dinding dan pilarnya dihiasi total 192 kaligrafi hasil karya 41 seniman kaligrafi.

Masih banyak kekayaan arsitektur yang bisa Anda sambangi. Tempat-tempat itu antara lain peninggalan Great Theatre, Perpustakaan Celcius, atau Temple of Artemis.

Wisata alam

Turki juga memiliki lanskap yang unik. Kunjungilah Duden Waterfall di Antalya. Air dari Duden Waterfall turun dari ketinggian 40 meter dan langsung jatuh ke Laut Mediterania. Air terjun ini juga tampak dari perjalanan dengan kapal menyusuri Pantai Antalya. Nikmati pepohonan hijau, segarnya embusan angin dengan aroma pinus, dan atmosfer yang mengesankan di sekitar air terjun.

Goreme Valley menjadi destinasi wajib yang lain. Area di Cappadocia ini adalah latar yang sangat mengesankan untuk atraksi balon udara. Formasi batuan serupa gundukan-gundukan kecil yang tersebar ini memberikan atmosfer magis. Jelajahilah. Dan, jika memungkinkan, cobalah naik balon udara dengan pemandangan unik ini.

Perjalanan adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa kita berikan pada diri dan keluarga. Dan, Turki bisa menjadi bingkisan manis. Ciptakan momen-momen terbaik Anda bersama Avia Tour, agen perjalanan yang berpengalaman dan tepercaya. Kelak, momen-momen perjalanan menjelma kenangan tak terlupakan. [*/NOV]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 29 Agustus 2019.