Bandung yang dikenal sebagai “Kota Kembang” ini selalu menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk dikunjungi saat liburan. Saat mendengar nama “Bandung”, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah kafe-kafe atau tempat berkumpul yang keren dan seru. Namun, tahukah Anda bahwa Bandung juga memiliki beberapa tempat ekstrem yang memacu adrenalin?

Simak lima tempat di Bandung yang cocok bagi Anda yang berjiwa petualang di bawah ini.

Bandung Treetop Adventure Park, Lembang 

Lembang, daerah yang terletak di utara Bandung ini terkenal sebagai daerah wisata dengan banyak lokasi wisata menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya, Treetop Adventure Park atau yang sering disebut Bandung Treetop Cikole Lembang. Lokasi tepatnya di Tangkuban Parahu, Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Bandung.

Mengusung konsep alam terbuka, di Bandung Treetop Cikole Lembang ini, Anda akan menemukan berbagai macam wahana permainan yang memacu adrenalin dan keberanian antara lain flying fox (meluncur dengan tali), traves (berjalan menyamping), spider net (jaring laba-laba), dan zig-zag track (berjalan zig-zag di atas seutas tali) serta beragam sirkuit permainan dengan persyarat tinggi badan yang harus memadai.

Rafting Sungai Palayangan, Pangalengan 

Jika Anda penggemar rafting atau arum jeram di arus deras, Sungai Palayangan yang terletak di kawasan Pangalengan, Bandung Selatan, menjadi destinasi yang tepat sebab sungai ini bisa diarungi kapan saja karena debit airnya yang relatif stabil sepanjang tahun. Alur di sungai ini yang sangat berkelok-kelok membuat rafting menjadi cukup menantang. Sungai Palayangan memiliki lintas pengarungan sepanjang 5 kilometer dengan gradien 30–60 derajat dan tergolong dalam kategori sungai dengan tingkat kesulitan kelas III–IV.

Rope Jumping, Rajamandala 

Jembatan Rajamandala adalah jembatan yang menghubungkan Bandung Barat dan Cianjur. Jembatan ini berbeda dengan jembatan lainnya karena pada akhir pekan, jembatan ini digunakan dan dipenuhi oleh komunitas olahraga ekstrem khususnya rope jumping. Olahraga yang didesain untuk mereka yang bernyali besar ini tidak jauh berbeda dengan bungee jumping. Hanya saja rope jumping menggunakan peralatan panjat tebing seperti tali kernmantel, seat harness dan sebagainya.

Tebing Gunung Hawu, Kampung Pamucatan

Gunung Hawu, atau dikenal dengan Tebing 125, terletak di sekitar Kampung Pamucatan. Gunung ini memiliki lengkungan alami yang sangat indah sering disamakan dengan lengkungan alam seperti Natural Bridge di Virginia dan Arches National Monument di Utah. Tebing 125 ini sangat cocok bagi para adrenalin junkie karena tingginya mencapai 15 hingga 26 meter. Menariknya, tebing ini juga memiliki gua vertikal dengan kedalaman mencapai puluhan meter. 

Tak hanya untuk pencinta adrenalin, Gunung Hawu pun dapat dinikmati oleh para pencinta alam karena saat sunrise tiba, matahari menampakkan diri dengan sinar berwarna jingga yang memesona, ditambah lanskap bebatuan dan hutan rimbun berwarna hijau jadi perpaduan yang sempurna terlihat jelas di Gunung Hawu. 

Selain empat tempat ekstrem tersebut, Anda juga bisa menemukan destinasi dan aktivitas menantang lainnya di Kompas Travel Fair 2019. #ExploreItYourWay, ekspresikan cara Anda bertualang dan dapatkan penawaran promosi terbaik untuk destinasi impian Anda bersama Kompas Travel Fair 2019.