Apakah Anda merasa bosan dengan liburan di daerah perkotaan dan ingin mencari tempat wisata yang lebih menantang?  

Wisata alam menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk melepas penat mengingat Indonesia memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan sudah diakui oleh dunia. Namun, perlu Anda ketahui, jika persiapan yang dibutuhkan jauh berbeda dengan saat ingin berlibur di daerah perkotaan.  

Jika Anda tertarik untuk melakukan wisata alam di Indonesia, ada beberapa barang yang harus Anda disiapkan dan dibawa agar liburan Anda terasa lebih mudah dan menyenangkan.

  1. Tas Ransel Anti Air

Jika Anda ingin liburan di dalam negeri seperti ke pulau, daerah-daerah gunung, dan wisata alam lainnya. Penggunaan tas ransel dengan teknologi anti air akan memudahkan Anda, dibandingkan jika Anda menggunakan tas ransel biasa. Tas ransel yang anti air akan membuat seluruh barang bawaan Anda terbebas dari percikan air. Apabila Anda berlibur di pantai dengan kapal, atau di gunung, dengan menggunakan tas ini, barang Anda tidak akan mengalami kerusakan karena basah. 

  1. Alas Kaki Yang Nyaman

Berbeda dengan berjalan-jalan di daerah perkotaan, kenyamanan alas kaki harus lebih diutamakan dibandingkan penampilan. Hal ini, karena saat melakukan wisata alam, Anda akan melewati banyak medan yang berbeda-beda. Sehingga, jika alas kaki Anda yang Anda gunakan tidak terasa nyaman, memungkinkan kaki Anda mengalami cedera.  

  1. Tisu Basah Dan Tisu Kering

Tisu adalah barang yang wajib Anda bawah untuk menunjang kebersihan Anda. Tidak jarang ada genangan yang akan membasahi kaki Anda, sehingga perlu Anda lap dan bersihkan. Selain itu, sering kali ketika Anda berwisata alam menghadapi cuaca yang panas. Tisu kering dapat Anda gunakan untuk mengelap keringat.  

  1. Obat-obatan darurat

Yang tidak kalah penting untuk dibawa adalah obat-obatan pribadi seperti cairan antiseptik untuk luka, obat paracetamol, dan obat-obatan lainnya. Obat-obatan tersebut harus selalu disiapkan. Jika ada keadaan darurat seperti luka, dan hal-hal yang tidak terduga, dapat segera dilakukan tindakan pertolongan. 

  1. Uang tunai secukupnya

 Bawa uang tunai dengan jumlah yang dibutuhkan, karena kebanyakan destinasi wisata alam, tidak menyediakan layanan non tunai. Untuk mencari mesin ATM, biasanya harus ditempuh dengan jarak yang cukup jauh. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa uang tunai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Selain barang-barang di atas, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan tubuh Anda memiliki kondisi yang sehat dan fit. Jika Anda berada dalam kondisi yang kurang sehat, resiko terserang penyakit saat berlibur akan lebih besar.   

Selanjutnya, cari tahu terlebih dahulu mengenai ramalan cuaca daerah yang ingin Anda kunjungi. Apakah akan hujan, cerah, atau berawan. Hal ini penting untuk Anda menyiapkan baju dan barang yang akan Anda bawa dan kenakan.  

Hal terakhir yang harus Anda persiapkan adalah memesan tiket dan akomodasi sebelum Anda pergi berlibur. Memesan tiket dan akomodasi sebelum berlibur, akan membuat harga menjadi lebih murah. Anda dapat memesan paket tur, akomodasi, dan tiket pesawat di  Kompas Travel Fair 2019, sebagai ‘The biggest travel fair now with better experience’. 

Pada event kali ini, Kompas memiliki dua paket tur baru yang dapat menjawab kebutuhan para travelers muda yaitu, Halal Package dan Adventure Package. Adventure Package menjadi paket tur yang sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan wisata alam dan berlibur dengan bujet yang ramah di kantong.  

Tunggu apa lagi, segera kunjungi Kompas Travel Fair 2019 ‘The biggest travel fair now with better experience’ yang akan diadakan pada  20-22 September 2019 di Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. 

Tags : featuredtips