Ketika bicara tentang liburan, yang mungkin spontan terlintas di benak adalah memesan tiket pesawat atau kereta, mengambil waktu beberapa hari, dan melakukan perjalanan ke destinasi yang jauh. Padahal, sekitar tempat tinggal pun bisa jadi menyediakan beragam lokasi atau aktivitas yang asyik untuk piknik. Tak selalu perlu jauh-jauh untuk pelesir, apalagi jika waktu dan budget terbatas. Jadilah turis lokal, nikmati kota sendiri dengan cara-cara berikut ini.

  • Walking tour

Kapan terakhir kali Anda menyusuri sudut-sudut kota, menemukan toko kecil yang manis, jajanan yang baru pertama kali dicicipi, atau tempat bersejarah yang baru dikenal? Melihat lebih dekat kota sendiri bisa jadi sangat menarik. Anda bisa berjalan-jalan secara mandiri atau ikut semacam tur. Sudah banyak kelompok yang menawarkan paket walking tour pada akhir pekan. Di Jakarta, misalnya, ada Jakarta Walking Tour dan Jakarta Good Guide.

  • Wisata kuliner

Menjajal kuliner baru, apalagi yang punya cerita atau legendaris, bisa sangat mengasyikkan. Anda bisa mengagendakan sebulan sekali menyambangi pusat kuliner tertentu, restoran unik, atau rumah makan yang menyediakan masakan khas suatu daerah. Misalnya, bulan ini pergi ke area Glodok, bulan depan mencoba masakan Meksiko, dan kali berikutnya makanan khas Papua.

  • Potluck

Foto-foto: Shutterstock.com

Bukan apa yang dibawa untuk potluck yang terpenting, melainkan kebersamaannya. Kumpul-kumpul sambil mengudap bersama ini bisa dilakukan dengan kerabat, rekan kantor, teman kuliah, kawan SMA, atau sahabat yang sudah lama tak jumpa. Tentu ini akan sangat menghibur. Untuk memperkuat rasa piknik, acara ini bisa dilakukan di tempat yang asyik dan bagus sebagai latar foto, misalnya taman kota atau kebun raya. Jika mau lebih seru, tentukan dress code untuk potluck ini.

  • Coba pengalaman baru

Di kota-kota, mungkin ada tempat wisata baru berbasis aktivitas atau pengalaman, misalnya theme park, tempat olahraga panjat dinding, escape room, tempat main gim virtual reality, dan lain-lain. Anda bisa mencari informasinya lewat internet atau aplikasi yang juga menawarkan tiket untuk atraksi-atraksi semacam itu.

  • Mendatangi acara-acara asyik

Cek agenda kota Anda. Acara apa yang menyenangkan untuk didatangi pekan ini? Mungkin ada konser, pertunjukan tari atau teater, pameran, pemutaran film, dan lain-lain. Cari yang paling sesuai dengan selera hiburan kita. [NOV]

Tags : turis