Mancanegara

Yang Dapat Kamu Nikmati saat Berlibur ke Thailand

Di Asia Tenggara, Thailand menjadi salah satu destinasi utama berlibur bagi jutaan turis dari seluruh penjuru bumi. Pada 2015 saja, Euromonitor mendapat ada sebanyak 18,7 juta wisatawan yang berkunjung ke Bangkok, ibu kota Thailand. Saat itu, jumlah sebanyak itu membuat Bangkok menempati urutan kedua kota paling banyak dikunjungi di dunia, setelah Hong Kong. Satu tahun »

FOTO-FOTO: KLASIKA KOMPAS/TYAS ING KALBU.

Di Asia Tenggara, Thailand menjadi salah satu destinasi utama berlibur bagi jutaan turis dari seluruh penjuru bumi. Pada 2015 saja, Euromonitor mendapat ada sebanyak 18,7 juta wisatawan yang berkunjung ke Bangkok, ibu kota Thailand. Saat itu, jumlah sebanyak itu membuat Bangkok menempati urutan kedua kota paling banyak dikunjungi di dunia, setelah Hong Kong.

Satu tahun setelahnya, giliran MasterCard menyebut ada 21,47 juta wisatawan berkunjung ke Bangkok. Angka ini menjadikan Bangkok sebagai kota paling banyak dikunjungi di dunia pada 2016.

Diperkirakan setelah pandemi ini nanti telah teratasi, Thailand tetap menjadi salah satu tujuan utama bagi para turis untuk melakukan liburan. Thailand memang menawarkan agenda yang komplet untuk wisatawan. Dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia.

Berikut ini, beberapa hal seru dan menarik yang dapat kamu nikmati di Thailand usai wabah ini berlalu.

Restoran berbintang Michelin

Pada 2017, beberapa restoran ternama di Thailand mendapat penghargaan Michelin yang merupakan pengakuan tertinggi untuk restoran. Beberapa dari restoran ini juga menjadi jujugan wisatawan dari Indonesia.

Kamu bisa mencoba bersantap di Somboon Seafood di Surawong, Jay Fai, Je Ngor di Sukhumvit, berbagai gerai di Chinatown (Yaowarat), atau nasi ayam Gao Kaomunkai di Pratunam. Jika berlibur bersama anak-anak, kamu bisa juga mampir ke kafe unik di Big Dog Cafe, Husky Cafe, Rabbit Cafe, Cat Cafe, atau Mermaid Cafe.

Atraksi wisata untuk anak

Selain berbagai atraksi wajib untuk anak-anak seperti Madame Tussauds, Sealife Ocean World, serta berbagai museum interaktif, kini semakin banyak tersedia destinasi wisata untuk si kecil. Contohnya, pertunjukan 4D Himmapan Avatar di Bangkok dan Kaan Show di Pattaya. Yang tak kalah seru adalah taman hiburan The Marvel Experience.

Konser dan balapan internasional

Sebelum pandemi menerjang bumi, ada banyak artis internasional yang menggelar konser di Bangkok. Contohnya, Celine Dion, EXO, dan Bruno Mars. Demikian pula dengan balapan MotoGP yang digelar di Sirkuit Buriram. Sirkuit ini bisa dicapai sekitar satu jam penerbangan dari Bangkok. Banyak lho turis dari Indonesia yang sengaja datang untuk menonton konser idolanya.

Kawasan belanja baru

Selain Platinum, Siam Paragon, Central, Terminal 21, dan MBK, kini ada Show DC yang memiliki barang-barang dan restoran dari Korea. Saat malam, santai di Bangkok semakin asyik dengan beragam pasar malam yang menarik, seperti Talad Rot Fai, Chang Chui, serta Lhong 1919 yang kian populer.

Festival rakyat

Setiap April, Thailand merayakan Festival Songkran, salah satu festival terbesar dan terpenting di Thailand. Songkran adalah tahun baru tradisional Thailand yang dirayakan pada 13–15 April.

Saat Songkran, semua penduduk Thailand akan saling menyiramkan air dengan tujuan untuk menghindari nasib buruk dan membersihkan diri dari kesalahan yang telah lalu. Perayaan Songkran akan dimulai dengan menyiramkan air di patung Buddha serta tangan orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pesta perang air sangat meriah di pusat kota.

Besok kalau situasi global sudah dinyatakan aman, kamu bisa berkunjung ke sana. Ingat, tetap taati protokol kesehatan agar jalan-jalanmu selalu aman dan menyenangkan. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close