Mancanegara

Sebelum Berlibur, Kenali Dulu Empat Wilayah Geografis Thailand

Thailand telah lama menjadi salah satu destinasi populer yang menempati posisi tinggi dalam daftar wisatawan mancanegara. Terlepas dari situasi politiknya yang masih kerap diliputi hawa panas dan masih berlangsungnya pandemi di seluruh bumi, derap industri pariwisata Thailand relatif melaju. Menjelajahi Thailand pun membuka sensasi berbeda bagi para pengelana. Merupakan negara terbesar ke-50 di dunia, secara »

Salah satu pemandangan di tepian Sungai Chao Praya.(Foto: Klasika Kompas/ TYas Ing Kalbu)

Thailand telah lama menjadi salah satu destinasi populer yang menempati posisi tinggi dalam daftar wisatawan mancanegara. Terlepas dari situasi politiknya yang masih kerap diliputi hawa panas dan masih berlangsungnya pandemi di seluruh bumi, derap industri pariwisata Thailand relatif melaju.

Menjelajahi Thailand pun membuka sensasi berbeda bagi para pengelana. Merupakan negara terbesar ke-50 di dunia, secara geografis, Thailand terbagi dalam empat wilayah yang masing-masing menawarkan sensasi berlibur tersendiri.

Di bagian barat, berbatasan langsung dengan Myanmar, wilayah pegunungan menyambut hingga ke arah utara. Dengan gunung tertinggi Doi Inthanon yang masuk dalam wilayah Chiang Mai, Thailand Utara. Thailand Utara sendiri dicari berkat udaranya yang relatif sejuk dengan kondisi alam yang asri dikelilingi pegunungan. Mereka yang menyukai kehidupan tenang di alam bebas akan betah berlama-lama di area yang kental dengan budaya dan tradisi ini.

Di sini pula tempat untuk bertemu suku pedalaman seperti Suku Karen, melihat kerajinan seni pembuatan payung yang menjadi salah satu ciri khas Chiang Mai, ataupun menuju Chiang Rai yang tak kalah legendaris. Sempat dikenal sebagai ladang candu Segitiga Emas di perbatasan Myanmar dan Laos, Chiang Rai kini justru menjadi kawasan agrowisata yang menampilkan kecantikan dan pusat kerajinan.

Berbatasan dengan Sungai Mekong dan Laos, Thailand bagian timur laut terdapat Khorat Plateu yang menghampar hingga ke bagian selatan dan berbatasan dengan Kamboja. Jantung Thailand sendiri berada di sepanjang Sungai Chao Praya yang berada di bagian tengah dan menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi Thailand.

Utamanya di Bangkok, yang menjadi pemberhentian utama bagi setiap pengelana yang singgah di negara Gajah Putih ini. Hiruk pikuk khas kota metropolitan bisa dirasakan di tiap sudut Bangkok dan menjadi tempat penjelajahan kaum jet set, hipster, maupun backpacker.

Mengikuti lekuk di sepanjang Semenanjung Melayu yang memisahkan Laut Andaman dan Teluk Thailand di arah selatan, membawa pengelana menuju hamparan laut, pantai, dan pulau cantik. Phuket dan Koh Samui adalah dua nama yang paling kerap disebut untuk memuaskan diri bermandi matahari dan bermain air laut. Di sini pula terdapat Tanah Genting Kra yang pernah menjadi pelabuhan penting dalam rute perdagangan pada peradaban lampau.

Jadi, rencanakan untuk berlibur ke Thailand jika wabah ini telah teratasi. Tetap taati protokol kesehatan agar jalan-jalan kita selalu aman dan menyenangkan. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close