Benua Asia begitu luas dan didiami puluhan negara yang masing-masing memiliki keunikan. Asia Tengah, misalnya, yang terdiri atas Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Dalam tiga tahun belakangan, wisata ke Asia tengah jadi tujuan turis Indonesia.

Makin tingginya minat wisatawan dunia dan akses yang semakin mudah ditempuh ke negara-negara tadi menjadi alasan utama banyak orang yang kini mulai semakin berani untuk mengeksplorasi petualangan wisata impian. Berikut ini, beberapa destinasi wisata yang dapat ditemukan di negara-negara Asia Tengah.

Kazakhstan

wisata asia tengah
Katedral Zenkov

Almaty menjadi kota ternama di Kazakhstan dan sering menjadi destinasi wisata utama ketika mengunjungi negeri ini. Almaty merupakan kota terbesar di Kazakhstan dan pernah menjadi ibu kota Kazakhstan sebelum dipindah ke Astana.

Di kota ini, wisatawan dapat mengunjungi Panfilov Park. Taman ini terletak di daerah sekitar Katedral Zenkov. Dibangun sebagai bentuk dedikasi mengenang 28 tentara dari Unit Infantri Almaty yang meninggal pada perang melawan Nazi di luar kota Moskow.

Kemudian, mengunjungi Museum of National Instruments, Central Square, The Roman Ortodox Church. Setelah itu, menuju Medeo National Park untuk menikmati keindahan alam Kok-Tobe. Kok-Tobe merupakan salah satu landmark utama untuk melihat keindahan kota Almaty.

Kok-Tobe artinya Blue Hill. Ini menjadi titik tertinggi Kota Almaty, dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Di sana terdapat amusement park, ferris wheel, roller coaster, kebun binatang, dan TV Tower setinggi 372 meter. Kota Almaty terlihat jelas dari atas sana. Wisatawan dapat naik cable car untuk melihat keindahan kota.

Kirgistan

wisata asia tengah
Statue of Manas

Melanjutkan petualangan selanjutnya di Asia Tengah, destinasi berikutnya adalah Kirgistan. Tepatnya ke Bishkek. Di kota ini, Anda bisa mengunjungi Pobeda Square, Duboviy Park, National Philharmonic, Central Ala-Too square, dan Statue of Manas.

Jangan lewatkan kunjungan ke Danau Issyk Kul. Danau ini begitu unik karena merupakan danau cekungan yang tidak mengalir ke laut dan menjadi danau terbesar kedua di dunia yang terletak di atas gunung (ketinggian 1.620 meter di atas permukaan laut).

Dalam perjalanan selanjutnya, silakan singgah di Burana untuk mengunjungi Burana Tower. Tower ini didirikan pada abad ke-11 dan berfungsi sebagai pertanda adanya kota untuk beristirahat bagi para pedagang Jalur Sutera yang melintas kala itu.

Baca juga : Menikmati Pesona Alam di Negeri China

Tajikistan

wisata asia tengah
Danau Iskanderkul

Kota ternama di negeri ini adalah Hissor. Kota ini terkenal dengan keberadaan Benteng Hissor yang menjadi saksi sejarah dalam pembentukan Negara Tajikistan. Puas mengobservasi Hissor, lanjutan ke Navruz Teahouse. Ini adalah kompleks terbesar untuk menikmati teh di Asia Tengah dengan dekorasi kayunya yang unik.

Keesokan hari dapat menuju Khujand dan melihat Danau Iskanderkul, yang namanya diambil dari nama Alexander Agung. Jangan lupa kunjungi Istaravshan (Kiropolis), salah satu kota kuno tertua di Tajikistan yang sudah berusia lebih dari 2.500 tahun. Kota yang dianggap menjadi tempat ketika Alexander Agung bertemu dengan istrinya, Roxanne.

Selain ketiga negara tersebut, masih ada Uzbekistan dan Turkmenistan yang harus dikunjungi ketika mengelilingi Asia Tengah. Temukan beragam destinasi wisata unik lainnya dalam menelusuri Asia Tengah ini.

Bersama Golden Rama Tours & Travel memungkinkan Anda memiliki pengalaman wisata dengan mengunjungi negeri-negeri eksotis lainnya secara aman dan nyaman.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 9 Mei 2019.

Leave a Response