Trendi

Menikmati Pesona Wisata China, Dari Alam hingga Sejarah

Berbicara tentang wisata China tak akan pernah habis, mulai dari alam hingga cerita sejarah China. Gunung, kota tua, hingga taman bunga yang permai dimiliki China. Anda dapat menemukan ini di China, terutama di sejumlah destinasi meliputi Kunming, Dali, Jianchuan, dan Gunung Lijiang Jade Dragon.

Memasuki periode musim semi, mekarnya bunga-bunga menjadi atraksi khas yang tidak bisa ditemui di negara tropis seperti Indonesia. Di China, Anda dapat menyimaknya di Kunming, kota musim semi yang penuh bunga pada semua musim.

wisata china
Dounan Flowers Market

Anda dapat berkunjung ke Dounan Flower Market atau dikenal sebagai Jindounan. Pasar Bunga Dounan merupakan pasar bunga potong terbesar di China, bahkan Asia. Dari situ, Anda dapat melanjutkan kunjungan ke Kunming Waterfalls Park. Terletak di utara Kunming, di tempat ini Anda dapat melihat air terjun buatan terbesar di China yang disebut Niulanjilang Waterfall.

Di seputar Kunming, Anda juga dapat mengunjungi Green Lake Park. Ini adalah danau yang mempunyai banyak bunga yang indah sesuai dengan musimnya. Dinamakan Green Lake karena danau tersebut memancarkan cahaya kehijauan.

wisata china
Green Lake

Tempat-tempat menarik lain termasuk The Army Academy, Tea Shop, dan Golden Horse & Green Peacock Archway. Yang terakhir ini adalah bangunan yang dibangun pada masa Dinasti Ming (1268–1644) dan menjadi lambang Kunming dengan dekorasi yang elegan.

Lijiang

Atraksi menarik berikutnya adalah Black Dragon Pool Park di Lijiang. Nama tempat ini mengacu pada legenda tentang 10 naga yang selalu berbuat jahat di dunia. Seorang pahlawan bernama Lu Dongbin mengalahkan 9 dari naga itu, lalu mengurungnya di dalam Tuodong Ancient Building. Naga kecil berwarna hitam ditinggalkan agar tetap hidup dan menjadi keuntungan bagi masyarakat sekitar.

Sempatkan pula melewati Red Sun Plaza dan melihat patung pemimpin besar China, Mao Ze Dong. Sejumlah tempat menarik lain di Lijian termasuk Lijiang Ancient Town, Lijiang Water Truck, Square Street, dan Bar Street yang juga dikenal sebagai Dayan Town. Ini merupakan kota tua yang indah dengan lingkungan yang membuat Anda serasa di kota kuno.

wisata china
Red Sun Square

Masih di seputar Lijiang, kunjungi juga Jade Dragon Snow Mountain Scenic Area. Menggunakan cable car yang membentang sejauh 35 kilometer dari utara ke selatan, Anda dapat mencapai puncak tertinggi Shanzidou dengan ketinggian 5.596 meter di atas permukaan laut. Gunung ini selalu tertutup salju dan kabut sehingga menyerupai naga putih-perak dari kejauhan. Itu sebabnya ia dinamakan Jade Dragon Snow Mountain. Puncak gunung dapat dilihat dari Kota Tua Lijiang. Jika ingin membiarkan diri tergoda oleh China, segera atur rencana perjalanan Anda bersama ATS Vacations. [*]

Foto: Shutterstock.com/Alonewalker

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 2 Mei 2019

Tertarik Mengikuti Perkembangan Trendi Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close