Sebagai salah satu kawasan di dekat laut, banyak orang menganggap Balikpapan kaya pantai indah. Nyatanya, rata-rata pantai di Balikpapan difungsikan sebagai dermaga dan pelabuhan kapal antarpulau. Namun, ada satu pantai yang perlu Anda kunjungi, yaitu Pantai Manggar.

Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Segara Sari. Namun, karena lokasinya ada di daerah Manggar, orang lebih sering menyebutnya sebagai Pantai Manggar. Dari pusat kota Balikpapan, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam perjalanan ke arah timur kota. Dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan, jarak ke Pantai Manggar lebih dekat.

Pantai yang landai, pasir berwarna kecokelatan, ombak yang lembut, dan tempat bersantai yang teduh menjadi ciri Pantai Manggar. Dengan kondisi pantai yang relatif rata dan ombak yang mengalun, Pantai Manggar terbilang cukup aman untuk berwisata air bersama anak-anak.

Aman untuk Keluarga

Pengunjung bisa berenang di laut yang dangkal, bermain air, atau naik perahu karet tanpa perlu khawatir tenggelam atau terseret arus ombak. Bermain di area pantai pun sangat leluasa. Pantai Manggar mempunyai area pantai berpasir putih kecokelatan yang membentang luas. Bermain bola atau voli pantai bisa dilakukan di sini. Pengunjung bisa menyewa perahu karet, membeli mainan bola plastik, atau menyewa tikar di Pantai Manggar.

Jika ingin bersantai sambil menikmati semilir angin laut yang sejuk, tinggal Anda pilih area yang dipenuhi pepohonan cemara laut. Nikmatilah suasana santai sambil menikmati es kelapa muda segar atau camilan yang dijajakan para pedagang di sepanjang pantai.

Pantai Manggar relatif sepi saat hari biasa. Namun, pada akhir pekan atau hari libur, suasana pantai menjadi semakin ramai. Pengunjung dari Balikpapan ataupun kota-kota di sekitar Kalimantan Timur berdatangan untuk menjenguk dan menikmati keindahan Pantai Manggar.

Harga tiket masuk ke Pantai Manggar cukup terjangkau. Namun, kendaraan bermotor pengunjung yang masuk ke area pantai akan dikenai biaya tersendiri. Jangan khawatir karena karcis masuk juga terjangkau.

Saat akan menyantap sajian makanan di warung-warung yang berada di sekitaran pantai, tanyakan harga terlebih dulu. Usahakan untuk menawar harga makanan dan minuman di sana agar lebih ekonomis, apalagi jika Anda pergi beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Pantai Manggar dibuka sejak waktu matahari terbit atau sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat hingga saat matahari terbenam atau sekitar pukul 18.00 WITA. Jadi, Anda masih punya banyak waktu untuk berlibur di Pantai Manggar. [*/MIL]

Dimitri
Desainer, pengembang, dan administrator web di bagian Produksi divisi Iklan Harian Kompas.