pantai lamaru

Selama ini, Balikpapan dikenal sebagai salah satu kota yang cukup maju di Kalimantan Timur. Perekonomiannya berkembang dari sektor pertambangan minyak bumi, batu bara, dan kehutanan. Namun, di balik keramaian kotanya, Balikpapan juga mempunyai pantai yang memesona. Salah satunya Pantai Lamaru. Seperti apa keindahan pantai ini?

Pantai Lamaru berlokasi di Desa Teritip, hanya sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota Balikpapan. Tak jauh dari Pantai Lamaru, terdapat Pantai Manggar Segara Sari. Pantai Lamaru merupakan pantai yang menghadap Selat Makassar.

 

Ombak bersahabat

Saat pasang, pantai ini terlihat kecil dan sempit. Namun, saat surut, Pantai Lamaru terlihat begitu luas dan panjang. Surutan air meninggalkan bekas pasir basah yang bertekstur gelombang unik. Kerang warna-warni dan pecahan batu karang bertebaran di sekitar pantai. Pasir berwarna kecokelatan terhampar di Pantai Lamaru.

Karena berlokasi di sebuah teluk, pantai ini mempunyai ombak yang mengalun pelan. Pantai Lamaru juga tergolong pantai yang landai dan dangkal. Anda dan keluarga bisa bebas bermain di Pantai Lamaru tanpa harus takut terseret ombak atau tenggelam. Di pinggir pantai, banyak disewakan ban sebagai pelampung dan pelampung warna kuning menyala untuk anak-anak.

Pantai Lamaru boleh dibilang pantai yang nyaman untuk wisata keluarga. Di pantai, anak-anak bisa bermain dan membuat istana pasir atau mencari kerang. Jika tidak, Anda bisa bermain layang-layang di sekitar pantai. Sejumlah pedagang di pinggir pantai menawarkan layang-layang beraneka warna yang bisa Anda pilih.

Enggan berbasah-basahan? Anda pun bisa bersantai di tepi pantai. Pantai Lamaru ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga Balikpapan karena mempunyai suasana yang sejuk. Bagaimana tidak, di tepi pantai banyak tumbuh pohon pinus. Suasana di sekitar pantai pun menjadi rindang berkat pepohonan pinus yang menaungi para pengunjung. Hamparan rumput menghijau menambah kesegaran suasana pantai ini. Anda bisa berbaring di sekitar pantai sambil menikmati embusan angin pantai yang segar tanpa takut kepanasan.

Di sekitar Pantai Lamaru juga terdapat mobil golf yang bisa disewa. Anda dan keluarga bisa berputar-putar mengitari area pantai dengan mobil golf. Pengalaman berbeda akan Anda dapatkan ketika menaiki kereta kuda. Sais kereta kuda akan membawa Anda dan teman atau keluarga berkeliling pantai di bawah kerindangan pepohonan.

 

Plus-minus

Melihat keindahan Pantai Lamaru, tidak mengherankan bila banyak pengunjung datang dari berbagai daerah. Di antaranya dari Samarinda, Bontang, Tenggarong, dan daerah-daerah lainnya di Kalimantan dan bahkan dari Jawa. Pantai Lamaru biasanya ramai pada akhir pekan atau masa liburan anak sekolah serta libur hari besar nasional.

Sejumlah fasilitas penunjang tersedia di pantai ini. Di antaranya adalah warung makan, mushala, kamar mandi dan toilet, dan pusat informasi. Meskipun menarik, Pantai Lamaru masih butuh pengembangan. Tidak ada batasan yang jelas antara pantai dengan area parkir. Rute untuk mobil golf atau kereta kuda pun tidak tertata dengan baik.

Para pedagang yang menyewakan ban pelampung, layang-layang, ataupun tikar pun tampak tidak tertata. Ini membuat Pantai Lamaru terkesan berantakan. Pantai ini relatif bersih dari sampah. Namun, jika pengunjung membludak, perlu disediakan lebih banyak tempat sampah di Pantai Lamaru. Meskipun masih mempunyai segelintir kelemahan, Pantai Lamaru ini bisa menjadi salah satu destinasi wajib di Balikpapan. Ajaklah keluarga dan teman Anda untuk mengunjungi pantai ini. [MIL]

Dimitri
Desainer, pengembang, dan administrator web di bagian Produksi divisi Iklan Harian Kompas.