Tips Wisata

Musim Hujan Bukan Penghalang Liburan

Nanti, jika pandemi ini sudah benar-benar teratasi, kita bisa jalan-jalan lagi. Ingat, tetap patuhi protokol kesehatan. Wajib jaga jarak, harus pakai masker, sering-sering cuci tangan pakai sabun, dan bawa peralatan makan-minum sendiri. Namun, pada musim hujan, kita mungkin mengeluh ketika liburan tiba-tiba hujan mengguyur deras dan membuat sebagian agenda jalan-jalan menjadi batal. Daripada rasa kesal »

Foto: Shutterstock.

Nanti, jika pandemi ini sudah benar-benar teratasi, kita bisa jalan-jalan lagi. Ingat, tetap patuhi protokol kesehatan. Wajib jaga jarak, harus pakai masker, sering-sering cuci tangan pakai sabun, dan bawa peralatan makan-minum sendiri.

Namun, pada musim hujan, kita mungkin mengeluh ketika liburan tiba-tiba hujan mengguyur deras dan membuat sebagian agenda jalan-jalan menjadi batal. Daripada rasa kesal berkepanjangan, lebih baik cari alternatif untuk berwisata saat hujan.

Untuk itu, kita bisa memilah terlebih dulu jenis atau destinasi wisatanya. Semisal, wisata pantai boleh dibilang “big no” ketika musim hujan. Langit biru berawan putih yang cantik amat sulit kita temukan. Sebaliknya, awan gelap dengan guyuran air hujan dan petir justru menjadi mimpi buruk ketika berlibur di pantai. Keindahan pantai berpasir putih dan laut biru tenang pun tidak bisa dinikmati.

Apa boleh buat, pantai menjadi destinasi yang dicoret saat musim hujan. Alternatifnya, kita bisa melakukan wisata kuliner. Tak perlu jauh-jauh, kita bisa memburu kuliner langka di kota sendiri. Sambil menikmati irama hujan, kita bisa menyantap sajian makanan atau minuman favorit atau yang langka dijumpai di kafe atau restoran. Bahkan, kita bisa bersantai berlama-lama hingga hujan mereda.

Taman rekreasi dalam ruangan (indoor) juga menarik dikunjungi. Kita dan keluarga bisa berekreasi dan menikmati berbagai wahana permainan tanpa khawatir tubuh basah kehujanan.

Pilihan yang tidak kalah menarik adalah mengunjungi museum. Hampir di setiap kota di Indonesia terdapat museum yang menampilkan berbagai kisah sejarah yang tercetak dalam dokumentasi, artefak, dan benda-benda bersejarah lainnya. Kita bisa berwisata sambil meraup ilmu.

Saat hujan, aktivitas paling nyaman adalah membaca buku sambil menikmati minuman hangat seperti teh, kopi, atau cokelat panas. Pilihlah perpustakaan di kota yang juga menyediakan tempat untuk menikmati makanan atau minuman ringan.

Ingin lebih santai lagi? Kita bisa menonton film di bioskop. Ajaklah teman atau sanak famili saat menonton film. Pilih tontonan favorit atau film yang sudah lama ditunggu. Atau, tontonlah film beramai-ramai di rumah sendiri dengan proyektor mini. Ajaklah teman dan saudara untuk menonton bersama.

Alternatif terakhir adalah mengunjungi pameran seni atau gelaran pameran lain. Carilah informasi dari berbagai media untuk mengetahui ragam acara pameran tanpa harus keluar kota. Biasanya, pameran seni, kerajinan tangan, dan pameran elektronik selalu digelar di dalam ruangan. Kita pun tidak perlu resah kehujanan.

Nah, dengan beragamnya pilihan ini, kita tak perlu khawatir lagi mencari destinasi saat liburan bukan? Tinggal tentukan agenda liburan bersama teman dan keluarga. Bukan penghalang, justru hujan bisa menjadi penyemarak suasana saat menikmati wisata dalam ruangan. [*]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Tips Wisata Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close