Lokal

Menikmati Gurihnya Pisang Goroho di Manado

Pernahkah kamu mencicipi pisang goreng dicocol dengan sambal? Jika belum, cobalah memesan sepiring pisang goroho di kedai atau warung makan apabila suatu saat berkunjung ke Manado. Jangan buru-buru mengerutkan kening karena mendengar pisang goreng yang dimakan dengan sambal. Sajian yang jamak dihidangkan di Manado, Makassar, Gorontalo, atau daerah lain di Sulawesi ini bisa memanjakan indra »

fOTO: DOK. TOMMY BUDI UTOMO.

Pernahkah kamu mencicipi pisang goreng dicocol dengan sambal? Jika belum, cobalah memesan sepiring pisang goroho di kedai atau warung makan apabila suatu saat berkunjung ke Manado.

Jangan buru-buru mengerutkan kening karena mendengar pisang goreng yang dimakan dengan sambal. Sajian yang jamak dihidangkan di Manado, Makassar, Gorontalo, atau daerah lain di Sulawesi ini bisa memanjakan indra pencecap kita. Jenis pisang yang biasa digunakan untuk kudapan ini adalah pisang goroho.

Pisang goroho (Musa acuminata) adalah tumbuhan asli Sulawesi. Pisang goroho goreng yang disantap bersama sambal ikan roa menjadi salah satu camilan khas Sulawesi Utara. Untuk dimakan bersama sambal roa, pisang yang dipilih biasanya yang masih mengkal, tidak terlalu mentah maupun matang. Pisang lalu diiris tipis-tipis dan digoreng.

Kita dengan mudah dapat menemukan menu pisang goroho di restoran, kedai, atau kafe di pinggir jalan. Pesanlah satu porsi untuk menambah pengalaman kuliner. Begitu pisang goreng itu disajikan di atas meja, aroma gurih seketika menggelitik hidung. Pisang itu diiris memanjang dan digoreng tanpa tambahan tepung. Di sampingnya, disuguhkan sambal ikan roa dengan aroma asap dan bau pedasnya yang khas.

Saat itulah tangan kita tak mampu menahan godaan untuk mengambil sepotong pisang dan mencelupkannya ke dalam sambal. Begitu dikunyah, rasa gurih yang berpadu dengan pedas seketika membangunkan selera makan.

Ketika disantap, yang dominan adalah rasa gurih. Karakter rasa manis yang biasa dijumpai dari pisang goreng tepung yang lebih umum hampir tidak ditemukan pada kudapan ini. Oleh karena itu, cocok sekali ini disantap dengan sambal.

Selain dijadikan camilan, pisang goroho umum dipakai sebagai pengganti nasi. Pisang goroho dianggap sebagai sumber karbohidrat yang lebih menyehatkan karena indeks glikemiknya yang rendah dan sifatnya yang lebih mudah dicerna.

Tak hanya digoreng, pisang ini juga lazim diolah dengan hanya dikukus atau dibakar. Orang Manado kerap memakannya dengan lauk pauk seperti ikan bakar atau dabu-dabu. Tertarik mencicipinya?

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close