Berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Manado, Tomohon menyajikan lanskap elok untuk dijelajahi. Bahkan, jika hanya punya waktu yang pendek, dalam sehari berkeliling, kita sudah bisa menyambangi sejumlah destinasi. Ini yang bisa kamu kunjungi.

  • Bukit Kasih

Bukit Kasih sebenarnya terletak di Kanonang, tetapi searah perjalanan dengan Tomohon jika kita bertolak dari Manado. Bukit Kasih dikenal sebagai simbol kerukunan antar-umat beragama lantaran di sini dibangun lima rumah ibadah: gereja Katolik, gereja Kristen, wihara, masjid, dan kuil Hindu. Untuk menuju ke sana, kita harus menapaki ratusan anak tangga melintasi bukit belerang. Setibanya di puncak, kita bisa menikmati pemandangan dari ketinggian.

Trekking di Bukit Kasih membutuhkan stamina yang cukup baik. Tak perlu terburu-buru, kita bisa menikmati atmosfer sekitar sambil berjalan santai. Dan, apabila kaki terasa pegal karena mendaki, di dekat lapangan parkir tersedia jasa pijat, tempat kita bisa sekaligus merendam kaki di air belerang yang hangat.

  • Danau Linow

Setelah berlelah mendaki Bukit Kasih, bersantai sekaligus bersantap di Danau Linow akan sangat mengasyikkan. Danau cantik ini memikat karena lanskap dan warna airnya. Air di Danau Linow kadang berwarna hijau, kebiruan, atau bahkan kuning kecokelatan karena unsur belerang yang terkandung di dalamnya. Di pinggir Danau Linow terdapat kedai, tempat kita bisa menikmati minuman dingin, mengudap, atau sekalian bersantap makan besar.

  • Bukit Doa Mahawu

Memiliki luas sekitar 130 hektar, kawasan ini begitu menenangkan. Berada tepat di bawah kaki Gunung Mahawu, area dengan kapel, Goa Maria, dan hamparan rumput hijau ini adalah destinasi yang pas kalau kita mau menikmati suasana tenteram dengan udara yang sejuk.

Kapel di Bukit Doa ini punya arsitektur yang khas, dengan atap berbentuk setengah lingkaran dan bangun ruang yang memanjang. Beberapa perhentian tempat melakukan jalan salib berada di ruang semacam gua yang artistik; tentu menjadi pengalaman unik jika melakukan ibadah di sini. Meski merupakan tempat sembahyang umat Kristiani, tempat ini juga terbuka untuk umum.

  • Gunung Mahawu

Mumpung di area Mahawu, mampirlah juga ke Gunung Mahawu. Ini adalah gunung api yang sudah tidak aktif lagi, dengan kaldera di puncaknya. Tenang, kita tidak akan berlelah-lelah trekking. Mencapai Puncak Mahawu hanya butuh sekitar 15 menit berjalan kaki. Jalurnya pun sudah dimudahkan dengan adanya anak-anak tangga. Biasanya tidak terlalu banyak orang yang berkunjung ke tempat ini. Suasana syahdu pun bisa dinikmati begitu kita sampai di puncak.

  •  Gardenia Country Inn

Tomohon dikenal juga sebagai kota bunga karena beragamnya tumbuhan berbunga di tempat ini. Jika kamu ingin menikmati bebungaan itu, datanglah ke Gardenia Country Inn. Tempat yang sebagian besar areanya difungsikan sebagai kebun bunga ini juga menyediakan restoran bersantap dan penginapan yang begitu elok. Bangunannya kayu yang membuat suasana terasa hangat. Dari restorannya, selain tentu saja kebun bunga yang indah, kita bisa memandang Gunung Lokon yang menawan. Tempat yang pas untuk melepas penat.