Memasuki new normal, hotel akan menerapkan protokol baru untuk kesehatan. Untuk itu, World Travel & Tourism Council (WTTC) akan meluncurkan pedoman standar baru untuk perhotelan. Protokol baru ini disusun berdasarkan pedoman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC).
Presiden dan CEO WTTC Gloria Guevara berharap, protokol ini bisa berjalan dengan koordinasi yang baik antara pemerintah dan sektor swasta. Tujuannya, protokol ini bisa mengembalikan kepercayaan di sektor perjalanan dan pariwisata.
Inilah beberapa protokol new normal untuk hotel dari WTTC.
1. Kartu dan kunci kamar jadi fokus kebersihan
Kunci dan kartu kamar merupakan alat yang paling sering disentuh petugas kebersihan. Oleh karena itu, hal ini akan menjadi fokus petugas untuk dibersihkan.
2. Penerapan jarak sosial untuk tamu
WTTC menganjurkan pihak hotel untuk memberikan penanda atau informasi terkait hal ini, termasuk di dalam lift.
3. Training ulang staf hotel
Staf hotel diharapkan untuk dilatih ulang terkait hal ini, seperti penerapan jarak sosial, langkah kebersihan, kewajiban mencuci tangan dan memakai masker, serta keharusan menggunakan sarung tangan.
4. Mengurangi barang di dalam hotel
Beberapa barang yang tidak perlu akan dikurangi. Sebab, beberapa barang ini bisa menjadi sarana penghantaran virus.
5. Pembayaran kamar tanpa kontak fisik
WTTC juga menganjurkan pembayaran sewa kamar sebaiknya dilakukan tanpa kontak fisik alias virtual atau daring (online).
6. Layanan kamar tanpa kontak fisik
Hotel diharapkan mampu berinovasi untuk meminimalisasi kontak fisik pada layanan ke kamar. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus.
7. Komunikasikan protokol baru
Hotel juga dianjurkan untuk memberitahu penerapan protokol baru ini kepada tamu, baik saat datang ke hotel, maupun lewat berbagai pengumuman digital.
8. Pembukaan restoran hotel dan ruang rapat dengan protokol baru
WTTC menganjurkan hotel kembali membuka ruang rapat dan hotelnya. Namun, dengan mengutamakan protokol kesehatan, seperti menyemprotkan disinfektan, memastikan jarak sosial, dan menjaga kebersihan makanan.
*Artikel ini disadur dari Kompas.com