Lokal

Melepas Kangen di Taman Margasatwa Ragunan

Ingin berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan? Begini persyaratannya.

pusata primata taman margasatwa ragunan jakarta

Pusat Primata di Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Shutterstock)

[dropcap type=”background”]B[/dropcap]erlakunya new normal untuk kawasan wisata tentu saja membawa sedikit angin segar bagi masyarakat untuk sekadar melepas stres dan lelah. Maklum saja, berdiam di rumah selama tiga bulan belakangan membuat rasa bosan tak tertahan bagi sebagian orang.

Pada Sabtu (20/6/2020), rencananya Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta akan kembali dibuka dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada masa transisi ini. Pada masa transisi ini, TMR akan dibuka pada Selasa–Minggu dengan waktu buka yang sedikit berbeda bila dibandingkan biasanya, yaitu pukul 08.00–13.00 WIB.

Mereka yang ingin berkunjung bisa mendaftarkan diri H-1 sebelum kunjungan terlebih dahulu di bit.ly/PesantiketTMR. Hal ini perlu dilakukan karena adanya pembatasan pengunjung, yakni 1.000 orang per harinya.

gajah di taman margasatwa ragunan jakarta

Nah, bagi yang telah terdaftar dapat datang sesuai hari yang sudah didaftarkan dengan menunjukkan kode verifikasi melalui ponsel atau KTP. Calon pengunjung yang belum bisa terdaftar karena pembatasan kuota pengunjung dapat mencoba lagi pada hari berikutnya. Selama berada di Taman Margasatwa Ragunan, pengunjung diminta mengikuti protokol kesehatan demi keamanan.

Berikut ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung.

1. Mendaftar secara daring

Mendaftarkan diri secara daring (online) wajib dilakukan sehari sebelum waktu berkunjung dibit.ly/PesantiketTMR. Merujuk pada portal resmi Ragunan, tarif masuk pengunjung dewasa Rp 4.000 dan anak-anak Rp 3.000. Sementara itu, tarif penitipan kendaraan mobil Rp 6.000 dan sepeda motor Rp 3.000. Jika Anda ingin menyaksikan kecerdasan primata, tarif masuk Pusat Primata Schmutzer mulai dari Rp 6.000 per orang pada Selasa hingga Jumat dan Rp 7.500 per orang pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

2. Pembayaran secara nontunai

Pembayaran disarankan menggunakan nontunai dengan Kartu Jakcard yang bisa dibeli di semua loket Taman Margasatwa Ragunan. Topup Saldo minimum Rp 10.000 (maksimal saldo kartu Rp 1.000.000). Topup bisa dilakukan di semua Loket Taman Margasatwa Ragunan. Asyiknya lagi, Kartu Jakcard juga bisa digunakan di Monumen Nasional, Museum Kota Tua, dan Transjakarta.

jerapah taman margasatwa ragunan jakarta

3. Rombongan hanya untuk 5 orang

Pada masa transisi seperti sekarang, jumlah rombongan maksimal yang disarankan adalah sebanyak 5 orang. Hal lainnya yang harus dicermati adalah pengunjung dengan usia di bawah 10 tahun atau lansia di atas 60 tahun tidak disarankan berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan pada masa transisi atau new normal.

4. Lakukan protokol kesehatan yang disarankan

Melakukan cek suhu tubuh merupakan seleksi pertama sebelum memasuki TMR. Selain itu, pengunjung dianjurkan senantiasa melakukan physical distancing antara satu pengunjung dan pengunjung lainnya. Jaga jarak dengan kandang hewan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Selain itu, tentu saja, sering melakukan cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sangat dianjurkan setelah berkegiatan atau menyentuh benda yang diakses publik.

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, kekhawatiran akan terpaparnya Covid-19 dapat ditekan. Siap melepas kangen di Taman Margasatwa Ragunan? [AYA]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close