Lokal

Lawu Park Tawangmangu Buka Kembali, Jumlah Pengunjung Dibatasi

Obyek wisata The Lawu Park yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai dibuka kali pertama di tengah pandemi dengan prosedur protokol kesehatan Covid-19, Sabtu (20/6/2020). Manajemen The Lawu Park Tawangmangu memperketat penjagaan terutama para pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain mengenakan masker, mencuci tangan »

(Foto: Kompas.com/Nur Rohmi Aida)

Obyek wisata The Lawu Park yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai dibuka kali pertama di tengah pandemi dengan prosedur protokol kesehatan Covid-19, Sabtu (20/6/2020).

Manajemen The Lawu Park Tawangmangu memperketat penjagaan terutama para pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan, antara lain mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mengukur suhu badan dengan thermogun.

Menurut Manager The Lawu Park Tawangmangu Anggun Nila Monica, The Lawu Park yang ditutup sejak 18 April 2020 karena dampak pandemi Covid-19. Baru pada Sabtu (20/6) ini, mulai diizinkan dibuka kembali untuk umum dengan prosedur protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

“Sebelumnya simulasi dilakukan selama dua hari, yakni pada Kamis (18/6) dan Jumat (19/6), serta jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 175 orang per hari. Kami, Sabtu ini, sudah dibuka untuk umum dengan pengunjung mencapai 400 orang,” kata Anggun Nila Monica seperti dikutip dari Antara.

Namun, kata Anggun, pihaknya dengan tatanan kehidupan baru atau normal baru menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yakni menjaga jarak, mengenakan masker, dan menyediakan banyak tempat untuk cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer untuk para pengunjung.

Para petugas The Lawu Park dalam melayani pengunjung juga mengenakan masker dan alat pelindung wajah untuk mencegah penularan penyebaran Covid-19. Selain itu, jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal sekitar 500 orang per hari. Kapasitas Lawu Park mencapai 1.000 orang hingga 1.500 orang per hari. Jumlah pengunjung selama Covid-19, dibatasi sekitar 50 persen orang per hari.

“Pada hari biasa atau sebelum pandemi, pengunjung bisa mencapai 1.000 hingga 1.500 orang per hari. Pengunjung di Lawu Park hanya ditarik retribusi Rp 20.000 per orang,” kata Anggun.

Dia mengatakan Lawu Park Tawangmangu pada pembukaan perdana di tengah pandemi Covid-19 ini, menawarkan wahana baru untuk para pengunjung yakni tempat berswafoto sinema tiga dimensi dan kolam salju.

Wahana lainnya yang dapat disuguhkan kepada para pengunjung, antara lain hutan bersalju, taman kelinci, taman domba, tempat bermain, Jembatan Jalatunda, hutan anggrek, swafoto deck, spot swafoto tematik, lokasi kamping, resto dan kafe.

Selain itu, Lawu Park juga menawarkan wahana outbond flying fox, jaring laba-laba, trail adventure dan jeep adventure sambil menikmati pemandangan pegunungan. Pihaknya berharap semua pengunjung di The Lawu Park Tawangmangu tetap mematuhi protokol kesehatan. Petugas penarik tiket masuk di area juga telah menyiapkan masker gratis bagi pengunjung yang tidak mengenakan masker. [*]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com [Penulis: Bambang Dwi Marwoto/Royke Sinaga, Editor: Ni Luh Made Pertiwi F]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close