Bagi wisatawan Muslim yang ingin bepergian ke luar negeri, saat ini, banyak negara sudah menyediakan paket wisata dan beberapa destinasi yang ramah terhadap wisatawan Muslim. Tidak hanya makanan, beberapa negara ini juga menyediakan tempat ibadah dan fasilitas ramah Muslim lainnya. Berikut ini rekomendasi negara-negara yang menyediakan fasilitas wisata halal.

Jepang

Jepang adalah negara paling favorit untuk dikunjungi wisatawan Indonesia. Dulu, turis Muslim sulit menemukan destinasi halal di Jepang. Sekarang, situasinya telah berubah. Di Tokyo sudah berdiri masjid bernama Camii Mosque yang berlokasi di Oyama-Cho, Shibuya. Beberapa restoran di Jepang pun sudah menempelkan stiker halal. Jadi, tidak perlu lagi kebingungan di Jepang. Daftar restoran tersebut dapat diakses di www.halalgourmet.jp.

Thailand

Hotel bintang lima Al Meroz di Bangkok (Foto-foto: Shutterstock)

Negara Gajah Putih ini juga favorit wisatawan Indonesia. Thailand pun menyediakan fasilitas ramah Muslim. Salah satunya dengan membangun hotel bintang lima Al Meroz di Bangkok. Hotel ini pun memiliki layanan syariah, seperti tidak menyediakan alkohol. Thailand pun sudah memiliki ribuan produk yang sudah tesertifikasi halal.

Spanyol

Benteng Alhambra Moor di Granada

Sejarah Negeri Matador ini memang tidak bisa dilepaskan dari Islam. Oleh karena itu, banyak fasilitas umum yang bisa digunakan wisatawan Muslim di sana. Bandara di Madrid, misalnya, menyediakan dua masjid dan lounge yang menyajikan masakan halal. Bandara lainnya juga telah memiliki fasilitas tersebut. Beberapa spot wisata di sini juga punya akar Islam yang kuat, misalnya Benteng Alhambra Moor di Granada atau pemandian Arab abad ke-13 di Ronda.

Turki

Turki harus masuk daftar wajib kunjungan Anda yang mencari wisata halal. Suasana Eropa, tetapi ramah Muslim adalah destinasi tepat. Menariknya lagi, Turki menggunakan sistem visa on arrival untuk pengunjung dari Indonesia. Tak usah khawatir, reputasi sebagai negara dengan wisata halal sudah diakui dunia. Berkat Turki Standards Institution, tidak hanya makanan yang dilabeli halal, hotel pun disertifikasi. Restoran halal pun gampang ditemui. [*]