Home Lomba Blog KTF 2014 Biru cerah Karimun Jawa

Biru cerah Karimun Jawa

oleh

Ga kalah dengan Maldives ataupun Bora-bora, di Indonesia sendiri pun memiliki sebuah kepulauan di laut Jawa yang masuk dalam kabupaten Jepara, Jawa tengah yaitu Taman Nasional Karimun Jawa.

Kami memulai perjalanan kami dari Jakarta menuju Semarang menggunakan jasa penerbangan, sebenarnya sudah lama sekali kami menyusun rencana untuk berpetualang ke  Karimun Jawa, kami mengumpulkan informasi2 dari internet dan pengalaman teman2 kami yang sudah berkunjung ke Karimun Jawa. Dan inilah semangat kami untuk berpetualang ke Taman Nasional Karimun Jawa yeeeeey…..

Pukul 05.00 subuh perjalanan kami mulai dari terminal semarang dengan menumpang mini bus dengan tujuan terminal Jepara, ongkos bus nya sekitar Rp. 35.000,-/org. Perjalanan dari semarang – jepara kurang lebih 3 jam. Namun harap berhati hati yah apabila menumpang bus umun, pastikan barang bawaan di jaga dengan baik dan berpeganganlah erat karena supir supir minibus disini super ngebuuutttt….wuuzzzz wuuzzzz…. uedaaan tp seruuuu…..

Pukul 9 pagi kami tiba di terminal jepara dan harus dilanjutkan dng naik becak untuk masuk ke area pelabuhan Kartini Jepara, ongkos nya Rp. 15.000,- namun kasian melihat bapak2 tukang becak yang usianya sudah renta harus mengayuh becak apalagi penumpang nya guede guede seperti kami… yang kuaat yaah paak….

Agak mengecewakan sih ketika melihat kondisi pelabuhan Kartini yg kurang terawat padahal banyak sekali lho wisatawan asing yang berkunjung kesini, semoga pemerintah daerah bisa segera membenahi kondisi pelabuhan ini agar lebih baik dan lebih layak yah sehingga pariwisata di Indonesia semaki  maju..

Kapal Express Bahari yang akan kami tumpangi berangkat pada pukul 10.30, oh iya bagi teman2 yg mau berkunjung ke Karjaw juga diingatkan untuk membeli tiket kapal ini jauh2 hari sebelum nya yah karena jadwal keberangkatan kapal tidak setiap hari dan selalu full lho…

Butuh waktu 3 jam untuk tiba di pulau Karjaw, namun express bahari cukup nyaman bagi penumpang, ruangan ber AC, dan disediakan televisi di setiap ruang kapal sehingga tidak terasa sudah tiba di tujuan.

Yihaaaaa inilah dia Karimun Jawa…. pemandangan indah pun langsung terpancar pada saat kami menginjakan kaki pertama kali nya di pulau ini, dan kami pun sudah di tunggu oleh tour guide lokal untuk mengantar kami beristirahat dan menurunkan barang2 bawaan kami di sebuah homestay… sebagai informasi, di Karjaw ini lebih mudah untuk menemukan homestay dibandingkan hotel lho dan tidak ada aliran listrik pada siang hari, listrik hanya menyala pada malam hari saja sehingga aktivitas di siang hari cukup berharap pada sinar matahari saja….

Karjaw memiliki banyak sekali pulau2 kecil yang indah dan  menawan, dan dihari pertama ini kami akan memulai pertualangan dengan snorkeling di Pulau Cemara Besar, luaaar biasaaa indahnya dasar laut pulau ini, air laut yang bening bersih dan langit yang biru sesuai dengan apa yang kami harapkan selama ini, sungguh menakjubkan keindahan terumbu terumbu karang dengan ikan ikan kecil berwarna warni berlalu lalang berkejar kejaran satu sama lain…benar benar surga bawah laut… amazziiing…!

Pertualangan kami lanjutkan ke Pulau Tanjung Gelam yang tak jauh dari Pulau Cemara Besar, Tanjung Gelam merupakan pulau dengan pasir putih yang lembut bersih dihiasi pohon kelapa menjulang tinggi berbaris rapi tersusun indah pada bibir pantai. Disini kami pun disuguhkan kesegaran air kelapa muda dan beberapa cemilan yg dijajakan penduduk setempat sembari menunggu dan menikmati keindahan matahari terbenam.

Hari kedua kami mulai pertualangan kami di pagi hari menuju Pulau Cilik, sesuai namanya cilik  Pulau ini memang terbilang kecil hanya sekitar 2 hektar saja, namun daya tarik nya sangat besar dimana keindahan terumbu karang dan ikan2 badut yang lucu membuat kami tak ingin menyia nyiakan kesempatan untuk kembali bersnorkeling, dan jangan lupa menyiapkan roti tawar ataupun biskuit untuk menarik ikan2 datang menghampiri, sungguh pengalaman tak terlupakan takala puluhan ikan berebutan menyantap roti dari tangan kami. Ssoo cuteee pokoknya dijamin ga bosen bermain bersama ikan ikan kecil ini. Dan apabila menyelam lebih dalam lagi kita jg bs menjumpai jenis2 ikan indah lain nya dengan warna warni yang cantik.

Puas snorkeling dan bermain dng ikan2 kecil kami pun melanjutkan ke Pulau Tengah yang hanya beberapa menit saja dari Pulau Gosong, namun sayang sekali kami tidak bisa singgah ke pulau Gosong dikarnakan air laut yang cukup tinggi menutupi pulau ini. Pulau Gosong adalah dataran pasir putih yang timbul ke permukaan laut apabila air laut sedang surut.

Pulau Tengah wajib banget dikunjungi, disini terdapat sebuah dermaga dan bangunan bangunan kayu yang menjadi ciri khas pulau ini, terdapat pula resort2 yang disewakan bagi para pengunjung yang menginap ataupun sekedar beristirahat. Pulau ini sangat teduh dan sejuk, kami pun dapat menikmati makan siang dengan menu ikan bakar dan sambel terasi pedas mantap, sangat santai dan cocok untuk bermalas-malasan.  Namun jangan melewatkan untuk berfoto-foto ria di atas dermaga dan rumah rumah kayu yang didirikan diatas dermaga. Itu merupakan objek foto yng sangat indah dng latar biru laut dan cerahnya langit yng bersih… nilai plus deh buat hasil fotonya.. soo mari bergaya sampe puas hahahhaha…..

Hari semakin sore dan masih ada 1 lokasi wisata yang tak ingin kami lewatkan yaitu penangkaran ikan hiu… wuiiiiihhh selama ini cm bs liat ikan hiu di televisi saja ataupun di pasar ikan, namun hari ini kami dapat melihat jelas berbagai jenis ikan hiu yang dikembang biakan dalam kolam. Ga hanya itu kami pun bisa berenang bareng ikan ikan hiu nya lhooo… beranii gaaa ??? Deg2an eiii… hitung2 uji nyali mari kita bermain bersama hiu hahahahaha pengalaman pertama nih, sensasi nya tak terkatakan silahkan dicoba sendiri yaah….

Tak hanya penangkaran ikan hiu dan pelestarian hewan penyu.. disini kita juga bs bermain banana boat dan beberapa jenis permainan air lain nya… waah salah satu teman kami sangat bersemangat untuk bermain banana boat hingga menyebur ke air lebih dahulu sebelum boat tersebut sengaja di balik hahahahaha byuuuurrr….

Hari terakhir di Karjaw kami dibangunkan pukul 04.30 pagi untuk berangkat ke Pantai Nirwana menanti muncul nya sunset di pagi hari, Pantai Nirwana merupakan pantai private yang indah, terdapat resort mewah dng kamar-kamar yang menghadap ke laut. Pohon kelapa tertata rapi di bibir pantai, pasir putih dan ombak yang tenang menjadi pesona tersendiri dan bagi teman2 yang menginginkan liburan berkelas dan mewah disini nih tempat nya… ok bangeetttt!!!.

Berat rasanya mengakhiri pertualangan di Pulau Karimun Jawa ini dan harus kembali ke jakarta, namun kami masih menyempatkan diri untuk menanjak ke sebuah bukit yang dinamakan bukit LOVE.. wuiiiib Romantis yaah.. dinamakan bukit LOVE dikarnakan pada puncak bukit tsb terdapat sebuah batu dengan tulisan LOVE, dan wajib deehh foto2 dsitu apalagi bagi yang punya pasangan. Selain itu dari atas puncak bukit ini kita bisa melihat keindahan pemandangan pulau KarJaw yang kereen abiizzz.

Ada pula sebuah bukit bernama bukit JOKOTUO yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan kecil yang berbatu dan menanjak…cukup ngos2an sih tp terbayar dengan keunikan sebuah fosil ikan paus yang sangat besar terletak di atas bukit tsb dan juga hamparan luas pemandangan Biru Cerah pulau KarJaw…. I Love Indonesia so muchhh….

Bila ada kesempatan kami pasti akan kembali lagi menikmati pertualangan yang sangat mengesankan di Pulau Karimun Jawa ini… bye byee…

See my blog at sejutaliburan.blogspot.com

Penulis

Ence Anggrayani

Twitter : @en_link

Artikel yang mungkin kamu suka