Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland, dapat menjadi salah satu pilihan destinasi di Australia. Meski kalah tenar dibandingkan Sydney atau Melbourne, liburan di Brisbane mulai dilirik sebagai pilihan. Brisbane memiliki banyak pilihan aktivitas menarik untuk dilakukan.

Seperti kita ketahui, Australia menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Tanah Air. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dibandingkan Eropa atau Amerika membuat mereka yang ingin merasakan “budaya Barat” dapat terpuaskan. Mereka yang enggan terbang berlama-lama di udara, dapat mencapai negara benua paling selatan ini sekira tujuh jam dari Jakarta.

Berikut ini adalah lima cara seru menikmati liburan di Brisbane.

1. Melihat pertunjukan

liburan di brisbane
Brisbane Performing Arts Center

Penggemar seni-budaya wajib datang ke Brisbane. April ini menjadi bulan penutup penyelenggaraan pameran seni paling akbar di Asia Pasifik, yaitu The 9th Asia Pacific Triennal of Contemporary Art (APT9). Jangan khawatir, kunjungi saja kawasan budaya di South Bank. Di kawasan tepi Sungai Brisbane ini terdapat Queensland Art and Modern Art Galleries, Queensland Museum, dan Queensland Performing Arts Centre. Dijamin, penggemar seni betah untuk nongkrong berjam-jam di kawasan ini.

2. Memanjat jembatan

Liburan di Brisbane
Story Bridge

Jika menonton seni dianggap sebagai keanehan, tunggu sebelum Anda menyimak atraksi lain yang tak kalah membuat mata terbelalak: memanjat jembatan. Ya. Brisbane memiliki jembatan ikonis yang disebut Storey Bridge. Memiliki ketinggian 80 meter, Anda akan memiliki pandangan lepas ke arah sungai dan Teluk Moreton. Siapkan nyali, tetapi tak perlu khawatir. Karena untuk menaiki jembatan ini, Anda akan dipandu oleh pemandu profesional serta dilengkapi dengan peralatan pengaman. Silakan memikirkan apa yang hendak Anda lakukan di atas sana. Menyatakan isi hati kepada pasangan di tengah romantisnya senja barangkali?

Baca juga : 7 Tempat Menarik di Brisbane

3. Menjelajahi teluk

Liburan di Brisbane
Tangalooma Wrecks

Teluk Moreton menyajikan lebih dari sekadar wisata bahari. Anda dapat menjelajahi perairan Tangalooma dan berharap untuk bertemu dengan kawanan lumba-lumba. Memberi mereka makan dengan menjulurkan tangan sendiri dijamin memberikan sensasi yang tak terlupakan saat liburan di Brisbane. Simak pula sejumlah titik lain yang dapat Anda eksplorasi, di antaranya, Tangalooma Wrecks, menyelam, dan snorkeling. Terdapat sekurangnya 17 sisa-sisa kapal tenggelam yang menjadi tempat tinggal flora dan fauna bawah air.

4. Menjelajahi kota

liburan di brisbane
Bermain Segway di South Bank

Dibandingkan Sydney atau Melbourne, Brisbane barangkali kalah berisik. Justru di situlah keunggulannya, Anda dapat menikmati mentari siang sambil duduk-duduk di antara keteduhan pepohonan di Botanic Garden sembari melepaskan pandangan ke arah Sungai Brisbane. Anda juga dapat berkeliling naik sepeda yang dapat disewa di sejumlah titik, atau bahkan naik segway yang dapat disewa di South Bank. Jangan khawatir, terdapat jalur sepeda di seputar aliran sungai. Anda dapat mulai mengayuh sepeda di Eat Street Markets di Hamilton lalu naik CityCat kembali ke kota.

5. Berbelanja

liburan di brisbane
Queen Street Mall

Tidak afdal berkunjung ke kota lain jika tidak berbelanja. Begitu juga saat liburan di Brisbane. Kota ini memiliki sejumlah butik dari desainer-desainer lokal kenamaan. Tidak berlebihan karena Brisbane dikenal sebagai rumah baru untuk fashion. Inilah jantung pusat perbelanjaan, tempat Anda dapat menemukan deretan peretail mewah, merek-merek kenamaan Australia, hingga butik-butik eksklusif. Semua tersedia untuk memenuhi hasrat berbelanja Anda.

Tentu masih banyak lagi hal lain yang dapat Anda lakukan di Brisbane. Kurang dari sejam dari jantung kota, Anda juga dapat berkeliling ke berbagai kawasan di seputar Brisbane atau berkunjung ke tempat-tempat kuliner untuk memuaskan lidah dan perut. Jangan khawatir, Brisbane tak akan mengecewakan.

Foto: Shutterstock.com