Trendi

Wisata Italia dan Yunani, Menikmati Beragam Warisan Dunia

Ingin jalan-jalan ke Italia dan Yunani? Anda harus mengunjungi beragam destinasi warisan dunia ini.

Salah satu yang membuat kebudayaan Barat terkenal adalah kisah-kisah legenda para dewa-dewi Yunani atau Romawi. Tidak ada cara yang lebih menarik untuk mengenalnya, selain bertandang sembari berwisata ke negara asal legenda tersebut, Italia dan Yunani. Keduanya memiliki wisata warisan dunia yang layak untuk dikunjungi, terutama bagi Anda penyuka wisata budaya.

Italia

Selain Roma, yang menjadi pusat kerajaan Romawi tempo dulu, keunikan Italia dapat ditelusuri juga di kota-kota lain yang juga tak kalah menarik, di antaranya Sorrento, Capri, Pompeii, Napoli, dan Palermo.

Amalfi misalnya. Kota ini berada di Semenanjung Sorrentine dan punya pantai yang indah. Kota yang indah ini sudah sejak 1997 masuk dalam warisan dunia UNESCO. Sementara itu, Pulau Capri yang memiliki panjang 7 kilometer, telah populer sebagai destinasi wisata sejak zaman Romawi dan sekarang merupakan tempat istirahat kaum jet set.

Wisata italia dan yunani

Berbeda lagi dengan Pompeii, sebuah kota peninggalan zaman Romawi yang hancur terkena letusan gunung Vesuvius pada tahun 79 AD. Kini, Pompeii merupakan kota penting bagi peneliti dan sejarawan yang menggeluti sejarah Romawi.

Tak jauh dari situ, ada kota Napoli. Selain sepakbolanya, Napoli punya bangunan-bangunan yang layak dinikmati sebagai objek wisata. Bangunan-bangunan itu dirancang oleh para arsitek ternama Italia. Bangunan itu antara lain Palazzo San Giacomo (sekarang dipakai sebagai kantor wali kota), Gereja San Giacomo Degli Spagnoli, dan Castel Nuovo (Maschio Angioino).

Dari Napoli, Anda bisa menyeberang ke Pulau Sicilia untuk mengunjungi Palermo. Di sana ada Gereja Cathedral, Francesco Church, Palatine Chapel (bekas istana Raja), pintu gerbang Porta Nuova, Palazzo Senatorio (gedung parlemen), dan Piazza Bellini. Anda juga bisa mampir ke Agrigento untuk mengunjungi The Valley Of The Temples. Di sana, Anda bisa melihat berbagai kuil dewa-dewi yang masih berdiri.

Wisata italia dan yunani

Destinasi menarik berikutnya adalah Gunung Etna yang berada di selatan Italia. Salah satu gunung vulkanik terbesar di Eropa ini memiliki ketinggian 3.323 meter. Nikmati pemandangan di atas Gunung Etna dengan menggunakan cable car.

Tempat-tempat menarik lain di selatan Italia termasuk Taormina, Alberobello, yang merupakan area pemukiman unik dengan atap kerucutnya yang khas, serta Matera, dengan permukimannya berbentuk gua.

Baca juga : Fakta-Fakta Menarik tentang Menara Eiffel

Yunani

wisata italia dan yunani

Beralih ke Yunani, sejumlah tempat menarik di negeri para dewa ini di antaranya Kalambaka, Delphi, Mykonos, Santorini, dan tentu saja Athena. Di Kalambaka, kunjungi Meteora yang terkenal dengan biara yang terletak di atas formasi batu alam. Yunani masa lalu dapat disimak di Pulau Mykonos dengan mengunjungi kawasan Old Town yang unik.

Kunjungi pula Santorini, pulau yang sangat terkenal dengan pemandangan alam yang berciri khas bangunan-bangunan yang bernuansa putih disertai dengan pantai yang biru. Santorini merupakan kawasan wisata favorit bagi para pelancong dan tentu saja sangat instagramable.

Sementara itu, di ibu kota Yunani, Athena, Anda dapat menyimak Parthenon, Temple of Zeus & Hadrian Arch, Pan Athenaic Olympic stadium (tempat Olimpiade pertama pada zaman modern tahun 1896), House of Parliament & Constitution Square (Syntagma Square), Tombs of Unknown soldier dan Athens Academy and University.

Tentu masih banyak tempat-tempat menarik lain di kedua negara Eropa yang eksotis ini. Jika tertarik, Anda dapat menyusun rencana perjalanan bersama Golden Rama Tours & Travel. [*]

Foto: Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 25 April 2019.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Trendi Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close