Tak salah julukan “Jantung Asia” disematkan untuk Taiwan, negara kecil dengan kekayaan wisata yang besar. Taiwan tak hanya menawarkan budaya dan alam yang memesona, tetapi juga modernitas.

Negara dengan luas sekitar 36.192 kilometer persegi ini masuk pada 10 negara yang harus dikunjungi menurut Globe Spots. Sedangkan, berdasarkan riset Mastercard, Taiwan menduduki peringkat ketiga sebagai tujuan wisata ramah Muslim terfavorit. Wajar, karena Taiwan sudah memiliki lebih dari 200 sertifikat halal di sejumlah hotel dan restoran.

Sekaranglah saatnya berkunjung ke Taiwan untuk Anda, wisatawan Indonesia. Kini, Anda bisa lebih mudah untuk mengajukan pembuatan visa ke Taiwan, yaitu melalui daring dan gratis. Kemudahan ini untuk wisatawan yang pernah pergi ke Taiwan, atau negara lainnya, seperti Australia, Kanada, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Inggris, Amerika Serikat, atau Eropa Schengen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Sedangkan untuk yang tidak termasuk dalam syarat itu, Anda bisa langsung ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta. Tenang saja, prosesnya tidak susah. Jadi, sekaranglah saatnya untuk berkunjung ke Taiwan.

Destinasi Wisata Taiwan

Belanja

Shilin Night Market

Shilin Night Market bisa dikatakan adalah pasar malam terbesar dan bisa jadi yang paling terkenal di Taipei, Taiwan. Pasar malam ini selalu ramai dikunjungi. Sebut saja, pasar malam ini “Surga Kuliner Taiwan”. Ruas jalan di sini dipenuhi dengan berbagai kuliner yang lezat. Tapi tidak hanya makanan, tetapi juga Anda bisa menemukan barang-barang fashion yang trendi. Jika ingin pergi ke sini, lebih baik di atas pukul 9 malam karena semua pedagang sudah membuka tokonya.

Taipei 101

Taipei 101 adalah bangunan tertinggi di Taipei, Taiwan. Selain bisa melihat keindahan kota Taipei dari ketinggian, Anda bisa berbelanja merek-merek terkenal dunia. Sebut saja Louis Vuitton, Christian Dior, dan masih banyak lagi. Di sini, Anda juga bisa belanja perhiasan atau sekadar makan sembari melihat gaya hidup mewah orang Taiwan.

Kuliner

Kue Nanas

Kue nanas sangat terkenal sebagai kudapan ringan masyarakat Taiwan. Kue nanas sering dibagikan saat perayaan hari raya sebagai salah satu buah tangan, baik untuk rekan, saudara, maupun keluarga. Tempat untuk membeli kue nanas ini banyak tersebar. Namun, untuk mendapatkan pengalaman berbelanja kue nanas yang berbeda, Anda bisa berkunjung ke Vigor Kobo The Castle of Golden Pineapple Cake di Kota Kaohsiung.

Mi Daging Sapi

Ingin mencicipi sajian halal yang enak di Taiwan, cobalah mi daging sapi. Saking terkenalnya, ada festival yang mengkhususkan pada jenis masakan itu. Mi daging sapi di sini punya rasa kental yang pekat, berpadu empuk dengan daging, tendon, dan kikil. Untuk mencoba lezatnya mi di Taiwan, Anda bisa memilih mi halal dengan kuah kaldu sapi di Toko Mi Daging Sapi Chang. Restoran ini sudah termasuk ke dalam daftar restoran halal di Taiwan.

Atraksi

Festival Balon Udara

Festival ini biasanya berlangsung pada Juni–Agustus. Festival balon udara ini menjadi agenda pariwisata rutin yang direkomendasi untuk diikuti. Festival Balon Internasional Taiwan meliputi pertunjukkan terbang, aktivitas penambatan, menaiki balon udara, dan konser musik cahaya malam. Anda bisa merasakan pengalaman terbang sekaligus berpesta.

Taman Nasional Taroko

Kurang lengkap jika pergi ke Taiwan tidak menyambangi Taman Nasional Taroko. Di sini ada banyak yang dapat dilihat, mulai permukiman suku asli setempat, kuil, museum, dan yang paling utama lembah ngarai marmer. Anda juga bisa bersepeda di sini atau melakukan trekking alam masuk ke belantara.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 September 2019.

Tags : taiwan