Setiap kota memiliki cerita. Kota telah menjadi panggung cerita dari serangkaian kejadian istimewa. Kota-kota di pesisir utara Jawa memiliki cerita kota, terkait dengan geografi dan perkembangan peradaban.

Didi Kaspi Kasim (@didikasim), Editor in Chief National Geographic Indonesia, bersama Soleh Solihun (@solehsolihun), jurnalis dan pesepeda motor kawakan, menyusuri ruas-ruas kawasan di pesisir utara Jawa. Mereka menuntaskan misi pengembaraan singkat bertajuk “Jelajah Pesisir Utara Jawa”. Keduanya mengendarai sepeda motor untuk singgah di Bekasi, Cirebon, Pekalongan, dan berujung di Semarang.

Penugasan ini digelar selama tujuh hari, 18 – 24 November silam. Tujuan Jelajah Pesisir Utara Jawa adalah menyaksikan aspek-aspek yang membentuk riwayat kota sampai perkembangannya hingga hari ini. Dari perekonomian yang didukung oleh usaha kecil menengah sampai gelumat kesibukan kota.

Sejak pembangunan Jalan Raya Pos yang selesai pada dua abad silam, kehidupan sosial dan ekonomi kota-kota yang dilaluinya kian berdenyut. Setelah Revolusi Industri di Eropa, jalur kereta api pun menghubungkan Bekasi, Cirebon, Pekalongan, dan Semarang sejak akhir abad ke-19. Kota Semarang dipilih menjadi ujung perjalanan jelajah ini lantaran sejarah kotanya terikat dengan jalur rel kereta api pertama di Indonesia.