Lokal

Pantai Pulau Merah, Tempat Berselancar dan Bersantai di Pesisir Banyuwangi

Banyuwangi punya garis pantai yang sangat panjang, kira-kira 175 kilometer. Tentu, banyak tempat untuk bersantai di pesisirnya. Jika yang terbayang adalah hamparan pasir, sepoi angin, hangat matahari, segarnya kelapa muda, atau bahkan asyiknya berselancar, datanglah ke Pantai Pulau Merah. Berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan dari Kota Banyuwangi, Pulau Merah cukup mudah dijangkau, apalagi »

Foto-foto: Klasika Kompas/Benedictus Yurivito, Antonius Sulistyo Prabowo .

Banyuwangi punya garis pantai yang sangat panjang, kira-kira 175 kilometer. Tentu, banyak tempat untuk bersantai di pesisirnya. Jika yang terbayang adalah hamparan pasir, sepoi angin, hangat matahari, segarnya kelapa muda, atau bahkan asyiknya berselancar, datanglah ke Pantai Pulau Merah.

Berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan dari Kota Banyuwangi, Pulau Merah cukup mudah dijangkau, apalagi akses jalan menuju ke pantai ini sudah mulus. Segera setelah menjejakkan kaki di kawasan wisata ini, kita bisa melihat pasir putih kecokelatan membentang sepanjang kira-kira 3 kilometer. Di atas pasir itu, para pengunjung duduk santai atau merebahkan diri, dinaungi payung-payung merah sebagai peneduh dari terik matahari.

Di sisi kiri pantai, terdapat pulau serupa bukit kecil dengan tanah berwarna merah. Konon, dari sinilah cerita soal nama pantai ini bermula. Jarak pulau ini hanya beberapa meter dari bibir pantai. Bila air surut, kita dapat berjalan kaki menuju pulau setinggi kira-kira 200 meter tersebut.

Pantai Pulau Merah adalah pantai yang bersahabat untuk segala usia. Ragam aktivitas seperti wisata keluarga yang santai, olahraga air sekadar untuk bersenang-senang, sampai yang membutuhkan keahlian khusus seperti berselancar bisa dilakukan di pantai ini.

Selain Pantai Plengkung atau G-Land, Pantai Pulau Merah memang tujuan para peselancar ketika berkunjung ke Banyuwangi. Ombak di pantai ini menjadi tunggangan yang ideal untuk berselancar. Dengan ketinggian gelombang rata-rata 2 meter, ombak di pantai ini cocok bagi peselancar pemula.

Di pantai ini, tampak pula sejumlah persewaan papan selancar. Kamu yang ingin menjajal olahraga yang cukup menantang ini bisa belajar bersama beberapa instruktur yang kebanyakan adalah warga lokal. Jika ingin berselancar, paling tepat datang ke pantai ini pada Mei hingga Desember. Cuaca dan ombaknya cukup ideal untuk melakukan olahraga ini.

Fasilitas memadai

Dengan kian banyaknya kunjungan wisatawan, fasilitas di Pantai Pulau Merah pun terus diperbarui. Jika mencari tempat wisata yang nyaman yang sudah dilengkapi beragam fasilitas, kamu datang ke tempat yang tepat.

Pengelola Pantai Pulau Merah sudah menyiapkan sejumlah sarana tambahan untuk melakukan beragam permainan dan olahraga air, semisal banana boat, bumper boat, atau parasailing. Semua dilengkapi dengan standar keamanan yang baik. Baik orang dewasa maupun anak-anak bisa memilih aktivitas yang sesuai dengan mereka.

Tak perlu pula khawatir soal di mana harus bersantap. Warung-warung makan dan penjual kelapa muda berjajar di pantai ini. Fasilitas toilet dan lahan parkir pun memadai. Bahkan, penduduk sekitar juga telah menyediakan penginapan atau homestay dengan harga relatif terjangkau.

Kapan pun waktu berkunjungmu, Pantai Pulau Merah menyediakan dosis “vitamin sea” yang cukup untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Sepulang dari tempat ini, kamu pun merasa lebih relaks.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close