Mancanegara

Menu Kuliner dan Tempat-tempat Makan Harga Terjangkau di Singapura

Di luar masa pandemi, Singapura menjadi salah satu destinasi wisata yang mengasyikkan. Selain menjadi sentral hiburan dan wisata belanja di Asia Tenggara, tak lengkap rasanya jika mengunjungi Singapura tanpa merasakan kelezatan kulinernya. Sup tulang adalah kuliner yang layak memperkaya pengalaman wisata rasa setiap wisatawan. Sup tulang khas Singapura memang berbeda. Hidangan ini sebenarnya terdiri dari »

Foto-foto: Shutterstock.

Di luar masa pandemi, Singapura menjadi salah satu destinasi wisata yang mengasyikkan. Selain menjadi sentral hiburan dan wisata belanja di Asia Tenggara, tak lengkap rasanya jika mengunjungi Singapura tanpa merasakan kelezatan kulinernya.

Sup tulang adalah kuliner yang layak memperkaya pengalaman wisata rasa setiap wisatawan. Sup tulang khas Singapura memang berbeda. Hidangan ini sebenarnya terdiri dari saus berwarna merah yang bercita rasa asam, manis, dengan bumbu yang kuat.

Sekitar 20 potong tulang kambing ada di dalam saus merah ini. Daging yang membalut tulang kambing hanya sedikit. Namun, keistimewaan masakan ini sebenarnya terletak pada sumsum tulangnya.

Untuk menikmatinya, tak perlu susah payah. Tinggal hisap tulang kambing untuk menikmati kelezatan sumsumnya, atau bisa juga dengan memakai sedotan. Rasanya sungguh sedap. Bumbu sup tulang meresap ke dagingnya yang empuk dan sumsum. Biasanya sup tulang disajikan dengan potongan-potongan roti.

Ada pula deretan menu sedap lain yang pantang dilewatkan. Nasi briyani, bistik kuah, bistik kering, mee kuah, nasi goreng, mee hoon goreng, kway teow goreng, dijamin semuanya nikmat dan menggoda selera.

Di mana bisa mendapatkan sajian sedap di Singapura? Mudah saja. Anda tinggal berkeliling ke food center atau hawker center yang bertebaran di seluruh kota. Hawker center adalah kumpulan kios pedagang makanan dan minuman di Singapura atau semacam sentralisasi tempat makan.

Hawker center adalah tempat terbaik untuk mencicipi cita rasa autentik sajian khas Singapura. Jenis makanannya pun beragam dengan harga yang terjangkau, bahkan ada yang kurang dari 10 dollar Singapura. Inilah yang membuat hawker center selalu dipadati pengunjung.

Sejumlah food center atau hawker center yang terkenal di Singapura adalah Newton Food Center, 60’s Old Street, Makansutra Gluttons Bay, dan Food Street @Chinatown. Newton Food Center terletak di seberang stasiun MRT Newton. Newton Food Center ini merupakan food center pertama di Singapura. 60’s Old Street berada di tengah-tengah kawasan pusat belanja Orchard. Lokasinya di depan Central Hotel, di samping Orchard Plaza.
Tujuan wisata kuliner Singapura yang menempati urutan paling atas adalah Makansutra Gluttons Bay. Tempat ini berada di tepi Marina Bay, dalam kompleks Esplanade-Theatre on The Bay yang memikat.

Sementara itu, Food Street berlokasi di sepanjang Smith Street, di pusat Chinatown. Jalan ini ditutup bagi lalu lintas kendaraan. Tak heran, sepanjang jalan, kios-kios makanan berjajar rapi. Kursi dan meja pun berada di jalanan.

Nanti, jika pandemi ini telah berlalu, tempat-tempat makan tadi niscaya akan kembali ramai. Namun, ingat, tetap patuhi protokol kesehatan. Tertarik menjelajah Singapura dan mencicipi kekayaan kulinernya? (TYS)

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close