Lokal

Menghirup Segarnya Udara Pantai Ancol di Masa Transisi

Berolahraga di udara terbuka sambil menghirup udara pantai yang bebas polusi tentu saja memberikan sensasi dan kenikmatan tersendiri. Dengan dibukanya kembali Ancol pada Sabtu (20/6/2020) tentu saja memberikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang terbiasa joging di Ecopark. Yang berbeda kali ini, pengunjung tidak bisa sembarang datang ke Ancol. Berbagai ketentuan baru di saat new normal »

Foto: Shutterstock.

Berolahraga di udara terbuka sambil menghirup udara pantai yang bebas polusi tentu saja memberikan sensasi dan kenikmatan tersendiri. Dengan dibukanya kembali Ancol pada Sabtu (20/6/2020) tentu saja memberikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang terbiasa joging di Ecopark.

Yang berbeda kali ini, pengunjung tidak bisa sembarang datang ke Ancol. Berbagai ketentuan baru di saat new normal atau masa transisi mulai diberlakukan. Selain wajib ber-KTP DKI, mekanisme pembelian tiket dan reservasi pun diberlakukan secara daring melalui situs web resmi Ancol. Artinya, untuk sementara ini, manajemen Taman lmpian Jaya Ancol tidak melayani pembelian tiket di Ioket Ancol secara tunai.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal klik situs web www.ancol.com lalu pilih menu tiket, tipe tiket, dan unit rekreasi yang dituju. Tentukan pula tanggal reservasi kunjungan dan jika pada tanggal yang diinginkan kuota pengunjung yang tersedia telah habis, pilih tanggal Iainnya. Pembelian tiket sudah mencakup tiket gerbang Ancol dan unit rekreasi. Jangan lupa untuk membeli tiket kendaraan jika Anda berencana membawa kendaraan pribadi.

Selain itu, pengunjung wajib mengisi data diri dan formulir pernyataan yang tercantum dalam situs web. Khusus pengguna annual pass dan pembelian di mitra online travel agent (OTA), wajib dilakukan H-2 sebelum kunjungan.

Tetap jaga kesehatan

Saat di lokasi, sejumlah peraturan harus diperhatikan pengunjung. Di antaranya, pengunjung Ancol dianjurkan tetap mengenakan masker selama berada di area publik, sering mencuci tangan, memperhatikan physical distancing minimal 1,5–2 meter dengan orang lain. Dianjurkan pula untuk tidak membawa anak berusia kurang dari 5 tahun.

Selain itu, aturan senantiasa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan juga harus tetap diperhatikan. Walaupun pihak manajemen Taman Impian Jaya Ancol sudah melakukan tes suhu pada setiap pengunjung yang datang, ada baiknya Anda juga membawa alat ibadah sendiri untuk meminimalkan risiko terpapar Covid-19.

Pada masa transisi seperti sekarang, unit rekreasi juga dibuka secara bertahap. Selain Ecopark, kawasan yang terlebih dahulu dibuka adalah kawasan pantai, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta tentu saja restoran yang berada dalam kawasan Ancol serta Putri Duyung Resort dan Pulau Bidadari.

Pintu gerbang Ancol dibuka pada pukul 06.00–18.00 WIB dengan beberapa penyesuaian, antara lain pembukaan Pintu Gerbang Ancol, saat hari biasa (weekdays) pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan Busway, sementara untuk akhir pekan (weekend) dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur, dan Busway. Penyesuaian juga berlaku pada jam buka operasional unit rekreasi. Tentu saja, seluruh informasi dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang terjadi. [AYA]

Tertarik Mengikuti Perkembangan Lokal Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close