Musim panas menjadi waktu yang pas untuk berlibur. Namun, harga tiket dan akomodasi biasanya memang melambung saat musim panas. Untuk itu, lakukan persiapan jauh-jauh hari agar bisa mendapat harga yang pas di kantong. Jalan-jalan ke Roma, Italia bisa jadi pilihan.

Di Eropa, Roma menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi. Kota ini memeram beragam kisah dan arsitektur bersejarah. Bagi umat Kristiani, Roma juga menjadi jujugan untuk berwisata religi.

Berikut ini beberapa tempat di Roma yang patut dikunjungi untuk mengisi musim panas. Disarikan dari perjalanan Klasika Kompas.

1. Basilika Santo Petrus

Gereja Katolik terbesar ini berada di negara Vatikan di pusat kota Roma. Basilika Santo Petrus ini luasnya mencapai 23.000 meter persegi dan bisa menampung hingga 60.000 umat. Di bawah altar basilika terdapat salah satu situs amat suci bagi umat Katolik, yakni makam Santo Petrus. Basilika ini mulai dibangun pada awal abad ke-3 pada masa kekaisaran Konstantin I. Gereja ini juga tak ubahnya menjadi museum bagi banyak mahakarya dunia, khususnya karya seniman Michelangelo.

2. Basilika Santo Yohanes Lateran

Ada basilika lain di Roma. Namanya, Basilika Santo Yohanes Lateran. Namanya yang lebih panjang adalah Basilika Agung Sang Penebus (Juru Selamat) Mahakudus dan Santo Yohanes Pembaptis dan Santo Yohanes Penginjil di Lateran. Property megah ini berdiri di luar Vatikan dan disucikan oleh Paus Silvester I (314–355) pada 9 November 324. Basilika ini termasuk yang tertua dan terutama bersama Basilika Santo Petrus, Santo Paulus, dan Santa Maria Maggiore.

3. Castel Sant’Angelo

Foto-foto: Iklan Kompas/Tyas Ing Kalbu

Castel Sant’Angelo juga disebut Mausoleum Hadrian. Wujudnya berupa bangunan melingkar bertingkat di Parco Adriano, Roma. Kastil ini didirikan oleh Kaisar Augustus. Adapun pembangunnya adalah Hadrian. Pada zaman dulu, kastel ini juga berfungsi sebagai benteng. Dari lantai atasnya, kita bisa menatap kemegahan Basilika Santo Petrus.

4. Circus Maximus

Nama ini cukup terkenal. Circus Maximus dulunya digunakan sebagai sirkuit balap kereta kuda Kerajaan Roma. Situs bersejarah ini dipercaya dibangun pada masa kekuasaan Julius Caesar pada akhir abad ke-7 hingga 6 SM. Sekarang tempat ini menjadi tujuan liburan keluarga. Banyak turis yang menganggap Circus Maximus termasuk destinasi yang tidak terlalu bising.

5. Air Mancur Trevi

Fontana atau fountain yang berarti air mancur ini menjadi yang paling terkenal di Roma. Air mancur Trevi selalu dipadati turis. Letaknya berada di lapangan belakang gedung Palazzo Poli. Trevi dibangun pada masa kepausan Klemen XII. Banyak orang yang melemparkan koin ke dalam kolam air mancur dengan keyakinan agar kelak mereka bisa datang lagi ke kota yang indah ini.

Gimana? Sudah siap jalan-jalan ke Roma? Ada banyak cara menuju ke sana. Menabung dulu, salah satunya.

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response