Mancanegara

Ini 10 Destinasi Ramah Kantong Terbaik Versi Lonely Planet, NTT Nomor 1

Mendapatkan pengalaman terbaik dengan budget relatif rendah. Itulah yang kerap disasar para wisatawan. Lonely Planet merilis 10 destinasi ramah kantong terbaik untuk dikunjungi pada 2020. Dari destinasi-destinasi ini, kita boleh berbangga karena Nusa Tenggara Timur (NTT) berada pada urutan pertama dari seluruh tempat wisata di dunia. Sebagai orang Indonesia, ini menjadi keuntungan bagi kita karena »

Foto-foto: Shutterstock.

Mendapatkan pengalaman terbaik dengan budget relatif rendah. Itulah yang kerap disasar para wisatawan. Lonely Planet merilis 10 destinasi ramah kantong terbaik untuk dikunjungi pada 2020.

Dari destinasi-destinasi ini, kita boleh berbangga karena Nusa Tenggara Timur (NTT) berada pada urutan pertama dari seluruh tempat wisata di dunia. Sebagai orang Indonesia, ini menjadi keuntungan bagi kita karena dari sisi jarak provinsi ini relatif mudah dijangkau.

Selain itu, tempat-tempat lain di dunia yang sama-sama dinobatkan sebagai destinasi ramah kantong terbaik ini bisa dicatat untuk rencana-rencana perjalananmu ke depan. Berikut ini, daftarnya.

1. Nusa Tenggara Timur

Beberapa tahun belakangan, destinasi-destinasi wisata di NTT kian dikenal. Yang paling tersohor tentu kawasan Taman Nasional Komodo, satu-satunya tempat kita bisa melihat kadal purba komodo di dunia. Di provinsi ini, danau tiga warna Kelimutu juga jadi keunikan yang tak ada bandingan. Belum lagi, beragam destinasi wisata alam lain dan kampung-kampung adat dengan budaya serta arsitektur yang unik. Karena tawaran pengalaman dengan biaya yang relatif rendah inilah, NTT dinobatkan oleh Lonely Planet sebagai destinasi ramah kantong terbaik untuk dikunjungi pada 2020.

 2. Budapest, Hongaria

Kota cantik ini menawarkan pengalaman mengesankan, seperti berendam di kolam air panas dan bersantai di kedai-kedai yang memukau. Atmosfer Eropa yang glamor juga bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Jangan lupa pula untuk mampir ke bar-barnya yang unik.

 3. Madhya Pradesh, India

Ingin melihat harimau atau kera langur di habitat aslinya? Madhya Pradesh, daerah di India ini, menawarkan biaya yang lebih murah ketimbang di Afrika. Di sini juga terdapat banyak situs bersejarah, seperti kuil-kuil kuno di Khajuraho, Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini menawarkan wisata budaya, yang tidak sepadat Rajasthan.

 4. Buffalo, AS

Dengan lebih banyak penerbangan berbiaya rendah ke kota ini, wisatawan dapat menuju destinasi ini dan mengeksplorasi rumah Frank Lloyd Wright. Bonus lainnya, Air Terjun Niagara dapat ditempuh hanya dalam 1,5 jam dengan bus. Sempurna untuk ekskursi singkat.

 5. Azerbaijan

Azerbaijan mungkin jarang tebersit dalam pikiran ketika mau berkunjung ke Eropa. Namun, kamu tidak akan menyesal mengagendakan pergi ke negara ini. Negara ini menawarkan akomodasi kelas atas, makanan, dan pengalaman menarik dengan budget yang relatif rendah. Kunjungi kota lama Baku, Situs Warisan Dunia UNESCO yang masih menyisakan jejak peradaban abad ke-20. Di negara ini banyak pula aktivitas luar ruang yang bisa dieksplorasi, seperti Absheron National Park.

 6. Serbia

Petualangan, spa dan kilang anggur, kuil, biara-biara kuno, dan lain-lain tersedia di tempat yang tidak cukup sering dijelajahi di Eropa ini. Belgrade, ibu kotanya, dikenal akan kehidupan malam yang meriah, arsitektur Ottoman, dan beragam museum. Di pinggiran kotanya, lanskap mengesankan Derdap National Park juga menunggu untuk dijelajahi.

7. Tunisia

Banyak yang tak mengenal kecantikan Tunisia. Namun, sekali kenal, kamu akan mudah untuk jatuh cinta. Saatnya bertualang ke Afrika Utara untuk pengalaman berharga. Jelajahi Tunis ibu kotanya, peninggalan kuno Kartago, atau bukit pasir Sahara yang menjadi latar film Star Wars. Penggemar Star Wars juga dapat mengunjungi bukit pasir Sahara, tempat Luke Skywalker menatap muram ke matahari kembar Tatooine dalam episode “A New Hope”.

 8. Perkebunan anggur di Afrika Selatan

Tur mencicip wine kerap membutuhkan budget yang lumayan. Namun, tidak jauh dari Cape Town, perkebunan anggur Afrika Selatan menawarkan pengalaman mencicip wine dan kuliner lokal dengan harga terjangkau. Tentu, kamu melakukan ini dikelilingi eloknya lanskap perkebunan anggur.

 9. Athena, Yunani

Restoran-restoran berbudget ramah kantong dan biaya tiket yang relatif murah untuk Museum Acropolis membuat Athena menjadi destinasi yang cukup terjangkau untuk para wisatawan. Kota yang ramah pejalan kaki ini membuat para wisatawan bisa berkeliling dengan nyaman. Mampirlah ke gereja dan bangunan-bangunan bersejarah, terutama Parthenon pada malam hari. Tak dipungut biaya untuk menikmati sebagian besar atraksi menarik ini.

 10. Zanzibar, Tanzania

Dibandingkan dengan pulau-pulau di Karibia, Zanzibar menawarkan akomodasi di pinggir laut dengan biaya yang jauh lebih murah, dengan pemandangan yang sama indahnya. Di pantai utara dan baratnya, panorama jernihnya air laut yang berwarna turquoise akan menyejukkan mata. Stone Town, Situs Warisan Dunia UNESCO peninggalan abad ke-17, juga layak kamu kunjungi.

Tertarik Mengikuti Perkembangan Mancanegara Terkini?

Dengan mengklik “Ikuti Sekarang”, Anda telah menyetujui untuk memberikan alamat email pribadi dan mendapatkan email dari Kompaspedia setiap minggunya.

close