Home Rencanakan LiburanmuInfo & Tips Ingin Wisata ke Thailand? Siapkan 5 Hal ini

Ingin Wisata ke Thailand? Siapkan 5 Hal ini

oleh achdiyatisumi

Thailand sering masuk menjadi pilihan orang-orang kala ingin wisata ke luar negeri. Alasannya, bujet masih terjangkau, tidak terlalu jauh, budaya dan kulinernya masih sesuai dengan lidah Indonesia, dan sudah banyak panduannya di internet. Namun, jika masih bingung tapi tetap ingin ke Thailand, kamu wajib cek 5 hal ini.

1. Tentukan tujuanmu, yang pasti pantai harus masuk

Jika ke Thailand kamu hanya ingin jalan-jalan di kota saja, lebih baik tidak usah berangkat. Sebab, Thailand punya banyak pantai yang indah, misalnya Ko Samui atau Ko Phi Phi. Sekarang, coba tentukan mau ke mana? Sesuaikan dengan bujet dan alokasi lama waktunya supaya kamu bisa puas bermain pantai.

Phi phi Island, Thailand

Phi phi Island.

Setelah pantai, jangan lupa untuk main ke kuilnya. Di Thailand, jumlah kuil sangat banyak dan cukup instagram worthy. Tinggal pilih tempatnya, foto, edit, dan voila! Lini masa kamu bertambah indah. Oia, jangan lupa untuk menyempatkan diri ke beberapa tempat wisata modern seperti Museum Madame Tussauds di Bangkok, Pusat Perbelanjaan Siam Paragon, dan Trick-eye 3D Museum.

2. Cari referensi soal kuliner lokal

Lupakan restoran cepat saji. Kamu rugi jika berwisata ke sana hanya sekadar berfoto di tempat wisata. Cicipilah beberapa kuliner khas Thailand, antara lain tom yum, pad thai, som tam, dan lainnya. Jajanan pinggir jalan di Thailand pun wajib Kamu coba karena kelezatannya tidak kalah dengan sajian restoran.

som tam

Som Tam.

Cobalah berselancar di internet untuk mencari tempat kuliner yang menjadi favorit atau autentik di Thailand. Ketahui juga soal menunya, sebab rasa masakan Thailand umumnya mengandung santan dan punya rasa pedas asam. Tulis “Jangan lupa ambil foto” dalam catatan kamu dan garis bawahi agar bisa ditaruh di lini masa media sosial.

3. Susun Itinerary

Setelah menentukan apa saja yang ingin dikunjungi, susunlah dalam bentuk itinerary. Susunlah berdasarkan kedekatan dengan tempat kedatangan. Sesuaikan juga tempat tinggal sementara di sana dengan jarak tempat wisata atau tempat transportasi.

ilustrasi susun itinerary

Jangan lupa untuk mencatat juga estimasi biaya dalam itinerary-nya. Hal ini untuk mengantisipasi anggaran yang akan dibawa. Penyusunan itinerary juga harus disertai dengan estimasi lama perjalanan dan siapa saja yang ikut ke sana. Jika membawa orangtua atau lansia, sebaiknya pilih destinasi yang ramah lansia. Tetapi, jika anak muda atau solo traveling silahkan saja mau ke mana saja, tetapi tetap ketahui budaya lokal.

4. Cek surat-surat dan lainnya

Pastikan batas waktu paspor Kamu masih berlaku. Paling tidak, masa berlaku paspor Kamu masih enam bulan sebelum keberangkatan, supaya lebih aman. Jangan sampai paspor Kamu menjadi ganjalan saat mengurus imigrasi.

ilustrasi-dokumen-perjalanan

Sekadar info, Kamu harus memiliki cukup uang tunai di sana. Sebab, banyak restoran dan sarana hiburan belum menerima kartu kredit. Mulailah pantau nilai tukar uang jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan tukarlah saat nilainya bagus, tentu saja di tempat yang bagus juga.

5. Datang ke pameran travel

Jika kamu seorang yang senang mengeksplorasi sendiri, langsung memesan tiket melalui aplikasi menjadi cara yang lebih tepat. Tetapi, jika tidak ingin repot memikirkan soal itinerary dan urusan biaya, kamu bisa memercayakan pada agen travel. Lalu, travel apa saja yang menawarkan harga dan fasilitas terbaik?

ilustrasi-pameran

Kamu bisa datang ke pameran travel, seperti Kompas Travel Fair. Tahun ini, Kompas Travel Fair akan dihadirkan lagi, tepatnya pada 7-9 September 2018 di Jakarta Convention Center. Di sini, kamu tidak hanya bisa mendapatkan paket wisata di Thailand, tetapi juga bisa memilih hotel dan lainnya. Yang pasti jika memesan dalam jumlah yang banyak, diskon sudah pasti didapatkan. Terkadang, berwisata bersama keluarga tentunya lebih menyenangkan daripada sendiri.

Informasi Kompas Travel Fair bisa kamu ketahui dari Facebook (https://www.facebook.com/ktravelfair/), Twitter (https://twitter.com/KTravelFair), dan Instagram (https://www.instagram.com/ktravelfair/). Atau kunjungi juga (https://travel.kompas.id/).

Foto: Shutterstock

Artikel yang mungkin kamu suka