Biaya perjalanan merupakan salah satu faktor penentu sukses tidaknya kegiatan wisata, terlebih yang ingin berlibur keluar kota atau keluar negeri. Tak berlebihan, banyak orang berpacu mendapatkan tiket pesawat atau moda transportasi lainnya dengan harga “miring” saat ingin berlibur.

Setiap orang tentu ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah agar dapat menekan biaya perjalanan. Ada sejumlah cara yang tepat untuk menekan harga tiket pesawat agar pengalaman wisata semakin berkesan.

Pertama, memastikan tanggal atau jadwal liburan telah ditentukan jauh-jauh hari. Ini akan memberikan keleluasaan saat kita ingin membeli tiket pesawat. Dengan membeli tiket jauh-jauh hari, kita akan mendapatkan harga relatif lebih murah jika dibandingkan menjelang hari keberangkatan. Jangan lupa pula untuk memperhatikan hari cuti bersama atau tanggal libur nasional. Biasanya, pada tanggal-tanggal tersebut, harga tiket lebih mahal daripada hari-hari biasa.

Berlibur pada saat low season juga menjadi pilihan menarik karena biasanya tiket pesawat lebih murah jika dibandingkan pada saat musim libur sekolah atau hari raya. Namun, apabila Anda tetap ingin berwisata pada musim liburan, pastikan tiket pesawat sudah dipesan jauh-jauh hari, misalnya 3 bulan sebelum keberangkatan.

Hampir sama dengan harga tiket pada musim libur sekolah, harga tiket pesawat pada akhir pekan lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pesawat pada hari kerja. Oleh sebab itu, bila Anda seorang pekerja kantoran, bila ingin berlibur dengan waktu relatif panjang, ambillah libur atau cuti beberapa hari agar biaya perjalanan, baik berangkat maupun pulang, bisa lebih murah.

Jam penerbangan biasanya juga turut memengaruhi harga tiket pesawat. Biasanya, penerbangan pada pagi hari lebih murah jika dibandingkan dengan penerbangan pada siang hari. Memang, ketika mendapatkan tiket, Anda harus bangun pagi-pagi benar saat ingin berangkat berlibur. Namun, ini akan sangat berarti bagi anggaran wisata Anda.

Dunia maya

Dunia maya tentu dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan tiket pesawat. Carilah tiket pesawat di situs web yang melayani penjualan tiket via daring. Jika memungkinkan, berselancarlah di internet pada malam hari karena pada saat-saat tersebut Anda tidak terlalu banyak “pesaing” sehingga kemungkinan untuk mendapatkan tiket menjadi lebih besar.

Situs-situs web atau aplikasi yang membandingkan harga tiket pesawat, hotel, atau fasilitas wisata lainnya juga dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga terbaik yang ditawarkan agen perjalanan wisata ataupun maskapai penerbangan. Jangan lupa cermati ketentuan-ketentuan yang berlaku pada situs tersebut.

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga oke, pastikan Anda tergolong orang pertama yang up to date mengenai tarif atau tiket promosi. Untuk itu, daftarkan diri Anda sebagai anggota atau pelanggan majalah atau tabloid agen travel daring atau maskapai penerbangan. Jangan lupa, media sosial yang Anda miliki seperti Instagram, Twitter, dan Facebook juga harus ikut berperan. Karena tidak menutup kemungkinan maskapai penerbangan atau biro wisata menginformasikan tiket murah melalui media sosial tersebut.

Penerbangan dengan rute alternatif atau transit juga bisa Anda pilih untuk menekan biaya perjalanan, terlebih yang hendak keluar negeri. Biasanya tiket penerbangan direct (tanpa transit) lebih tinggi daripada tiket perjalanan dengan transit. Menariknya lagi, selain lebih murah, penerbangan dengan konsep transit dapat kita manfaatkan untuk mengeksplorasi daerah tempat transit.

KTF

Cara lain yang tak kalah menarik untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah mengunjungi pameran wisata Kompas Travel Fair yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 20–22 September 2019.

Pada pameran wisata bertajuk “Explore It Your Way” ini, Anda berkesempatan mengikuti lelang tiket pesawat Jakarta–Tokyo PP hanya Rp 0–Rp 250 ribu. Promosi lain yang tak kalah menggoda adalah tiket pesawat Jakarta–Labuan Bajo PP (mulai dari Rp 1,8 jutaan), Jakarta–Biak PP mulai dari Rp 7,4 jutaan, Jakarta–Timika PP (mulai dari Rp 7,5 jutaan), dan Jakarta–Jayapura PP (mulai dari Rp 8,6 jutaan). Harga tersebut sudah termasuk cashback dari bank, dan syarat dan ketentuan berlaku.

Promosi paket wisata juga tak kalah menarik disuguhkan pada pameran tersebut, misalnya wisata menuju Bangkok, Korea, Melbourne, dan Dubai. Pameran ini juga digelar secara serentak di Surabaya, Makassar, dan Medan. Ingin mendapatkan promosi paket wisata dan harga tiket murah? Segera kunjungi pameran yang akan dibuka 2 hari lagi. [*/BYU]

Foto: Shutterstock

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 18 September 2019.