Terhitung sejak Januari hingga Juni 2023, jumlah wisatawan Indonesia yang datang berkunjung ke Taiwan telah mencapai 95.820 orang. Angka ini memperlihatkan kembali pulih sekitar 90 persen jika dilihat dari standar untuk periode semasa sebelum pandemi menyerang pada 2019.
Biro Pariwisata Taiwan menggunakan kesempatan Kompas Travel Fair 2023 dengan membentuk delegasi pariwisata Taiwan dengan jumlah 29 orang dari 17 unit yang terdiri atas asosiasi pariwisata, travel agent, hotel dan industri terkait lainnya. Rombongan delegasi pariwisata Taiwan ini tiba di Jakarta pada 28 Agustus 2023 dan akan mengelar work shop B2B promosi pariwisata Taiwan di The Westin Jakarta pada 29 Agustus 2023 dan JW Marriott Hotel Medan pada 30 Agustus 2023.
Direktur Taiwan Tourism Bureau KL Office Abe Chou mengatakan, rombongan delegasi kali ini menitikberatkan pada “Program Percepatan dan Perluasan untuk Menarik Wisatawan Internasional”, dengan memberikan kesempatan mendapatkan undian berhadiah senilai NT$5.000 bagi wisatawan yang berlibur di luar paket tour (FIT); Pemberian subsidi antara NT$5.000 – NT$20.000 kepada masing-masing badan organisasi di luar negeri dan dalam negeri yang mengatur grup wisata, mendukung industri pariwisata Indonesia dan Taiwan untuk memperbesar kekuatan pengiriman wisatawannya, berharap dengan upaya keras bersama dapat mencapai target 150 ribu wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan untuk tahun 2023 ini, membantu pencapaian target 6 juta wisatawan dari seluruh dunia, bahkan berupaya untuk dapat melampaui jumlah sebelum pandemi yaitu 220 ribu orang.
Kompas Travel Fair Indonesia merupakan pameran yang diselenggarakan oleh grup media terbesar Indonesia, berlangsung pada 1-3 September 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD), Tangerang. Paviliun Taiwan dengan tema utama Buble Milk Tea berpadukan dengan pemandangan malam Taipei 101, Queen Head Yehliu Geopark, Sun Moon Lake, Alishan, Taroko Hualien dan lainnya.
Agar masyarakat Indonesia dapat mengenal Taiwan melalui paviliun ini, tersedia pula tempat berfoto dan check in seakan-akan pengunjung sudah berada di Taiwan. Paviliun Taiwan menyatukan dan menyajikan pertunjukan dari para juara di berbagai bidang, menampilkan multi kultural dan adat istiadat Taiwan dan pengalaman yang tidak terlupakan!
Di antaranya, “Taiwan Cheer Leader” sang pionir kejuaraan cheerleader dunia, dengan kebolehan yang luar biasa menyebarkan semangat kepada masyarakat Indonesia. Simak pula pencipta lampion lipat kertas Festival Lampion “Master Hung Hsin-fu” untuk inovasi perdana membawakan buku DIY Taiwan.
Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan pengalaman dan mencicipi teh susu boba “KOI” merek ternama Taiwan yang telah melekat di hati masyarakat Asia Tenggara. Selain itu, ada pula kegiatan DIY kue kacang hijau yang dihadirkan oleh “Vigor Kobo Bakery” yang sempat meraih juara pertama penghargaan kue.
Tak ketinggalan pula, hadir pasangan Marius dan Julia yang adalah Influence ASIA 2017 dan pemenang RCTI Socmed Awards 2016 memiliki lebih dari 500 ribu followers, untuk berbagi pengalaman terbarunya berwisata ke Taiwan. Kehadiran dan dukungan mereka menjadi juru bicara terbaik bagi lingkungan aman pariwisata Taiwan.
Workshop
Selama rombongan berada di Indonesia, Biro Pariwisata juga mengelar work shop B2B promosi pariwisata Taiwan, mengundang industri outbound Indonesia untuk turut berpartisipasi, mengatur negosiasi bisnis antara industri pariwisata Taiwan dan Indonesia guna memperkuat pertukaran dan meningkatkan peluang kerja sama di masa mendatang.
Indonesia adalah negara Muslim terbesar dunia. Guna menarik lebih banyak teman Muslim untuk mengalami sendiri keindahan Taiwan, kali ini juga secara khusus mengundang pakar Muslim dari Chinese Muslim Association untuk memperkenalkan sumber daya pariwisata Muslim Taiwan, serta dilengkapi dengan penjelasan fasilitas dan perkenalan keindahan Taiwan dari berbagai aspek oleh Biro Pariwisata Taiwan untuk Kantor Perwakilan Kuala Lumpur, Tri-Mountain National Scenic Area, Taiwan Trade Center Jakarta dan lainnya.
Dengan demikian, pelaku industri pariwisata Indonesia dapat lebih memahami dan mengenal lingkungan ramah Muslim Taiwan, sebagai bahan promosi dalam penjualan paket tour, dan penyediaan informasi bagi teman-teman Muslim untuk bermain dan tinggal dengan senang, makan dengan tenang di Taiwan.
Guna meningkatkan jumlah wisatawan Indonesia yang berwisata ke Taiwan, Biro Pariwisata Taiwan dengan tema promosi “Program Percepatan dan Perluasan untuk Menarik Wisatawan Internasional”, merencanakan secara matang untuk turut dalam Kompas Travel Fair dan kegiatan promosi pariwisata Taiwan.
Paviliun Taiwan berada di booth no. 17-20 di Kompas Travel Fair. Selama pameran berlangsung, bagi pembelian produk wisata di luar paket tour bisa mendapatkan kupon gratis MRT Bandara untuk satu kali jalan. Mari menikmati perjalanan bahagia ke Taiwan bersama keluarga dan kerabat Anda!