Eiffel adalah magnet Perancis, terutama untuk Kota Paris. Meski sebenarnya masih banyak ikon lain yang menandai keindahan Perancis, ada yang mengganjal jika jalan-jalan ke sana belum menyentuh atau setidaknya berfoto dengan latar menara ini.

Ada banyak fakta menarik yang melingkupi menara ini, mulai dari pendirian hingga fungsinya pada ratusan tahun setelah pembangunannya. Berikut ini sejumlah fakta tentang Menara Eiffel yang pada 31 Maret 2019 telah berumur 130 tahun.

Trocadero Gardens ditengok dari Menara Eiffel.
  1. Tinggi Menara Eiffel adalah 324 meter termasuk antena di puncaknya. Jika tanpa antena, tingginya menjadi 300 meter. Bobot total menara ini mencapai 10 ribu ton.
  1. Menara ini dibangun oleh insinyur bernama Gustave Eiffel untuk memperingati Revolusi Perancis dan unjuk kemampuan industri Negeri Napoleon itu.
  1. Sebenarnya menara ini hanya dirancang untuk bertahan selama 20 tahun. Warga bermaksud meruntuhkan menara ini setelah masa itu, tetapi tampaknya Eiffel berhasil meyakinkan banyak orang agar membatalkan rencana pembongkarannya.
  1. Pada 1944, Hitler dikabarkan pernah memerintahkan gubernur militer Jerman di Perancis untuk merubuhkan menara ini. Namun, gubernur itu menolaknya.
  1. Menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 41 tahun. Setelah itu, Amerika membangun Chrysler Building di New York dan berhasil menyalip ketinggian Eiffel.
  1. Menara Eiffel diperkirakan memuai sepanjang 6 inci saat musim panas dan kembali menyusut pada musim dingin. Tentu saja hal ini sulit dilihat dengan mata telanjang.

Foto-foto: Iklan Kompas/ Tyas Ing Kalbu

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

1 Comment

Leave a Response