Ketenangan dan kesenangan sudah pasti menjadi harapan setiap kali seseorang menikmati liburan. Sama halnya ketika wisatawan Muslim hendak jalan-jalan ke Thailand. Sering muncul pertanyaan, adakah menu halal di sana? Adakah obyek wisata ziarah yang bisa disambangi sembari beribadah? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa dijawab oleh Thailand.

Wisatawan Muslim siap disambut. Ini terbukti dari banyaknya restoran halal. Kehadirannya mudah ditemukan di food court, misalnya Food Court MBK, Terminal 21, dan Siam Paragon.

Tak hanya makanan halal, pelancong juga dapat menikmati wisata ziarah dengan singgah sejenak di sejumlah masjid tersohor. Perlu diketahui, Negeri Gajah Putih memiliki sekitar 3.400 lebih masjid. Sebanyak 170 di antaranya tersebar di Bangkok.

Berikut ini destinasi yang cocok dikunjungi saat Ramadhan dan libur Lebaran.

Masjid Bang Luang

Masjid Bang Luang(Shutterstock/ArliftAtoz2205)

Masjid Bang Luang merupakan masjid tertua kedua yang bisa ditemui. Bangunannya telah ada sejak masa Raja Rama I (1782–1809). Dibangun oleh para pedagang Muslim yang disebut To Yi. Arsitekturnya begitu khas karena bergaya tradisional dengan memadukan unsur Thai, China, Eropa, dan Islam.

Ciri seni Islam terlihat dalam simbol 30 pilar, 12 jendela, dan 1 pintu. Tecermin pula dalam 13 aturan shalat Islam. Kini, kawasan sekitar masjid dikenal sebagai Komunitas Kudi Khao, yakni salah satu komunitas tua Thai-Muslim di Bangkok.

Islamic Center Suan Luang

Masih ada kawasan lainnya yang wajib didatangi. Sebut saja Islamic Center di area Suan Luang. Salah satu pusat komunitas Muslim di Bangkok ini dikenal dengan arsitektur masjid nan unik dan besar.

Saat Ramadhan, suasana lebih terasa menyenangkan. Beragam aktivitas digelar, termasuk bazar. Anda dapat mencicipi aneka makanan halal dari berbagai penjuru Thailand, bahkan dunia. Banyak peserta dari negara-negara lain ikut terlibat dengan menyajikan kekhasan kuliner masing-masing.

Sea Life Bangkok Ocean World

Sea Life Bangkok Ocean World (Shutterstock/i viewfinder)

Jika hendak mengunjungi Thailand saat libur Lebaran nanti, manfaatkan momen suka cita ini bersama buah hati untuk mengeksplorasi Madame Tussauds, akuarium dalam ruang terbesar di Sea Life Bangkok Ocean World, serta museum interaktif 3 Dimensi Art in Paradise.

Gateway Mall

Gateway Mall(Shutterstock/AOME1812)

Jangan ragu pula menjajal keseruan yang baru. Siapkanlah energi untuk bermain salju di Snowtown di Gateway Mall. Pusat perbelanjaan yang bertema Jepang ini memiliki Café Manga, Restoran Hokkaido, bahkan toko-toko seni. Incaran selanjutnya, wahana air di Cartoon Network Amazone.

Children Discover Museum

Apabila si kecil gemar menggali pengetahuan dengan cara menyenangkan, ajaklah mengenal peninggalan purbakala dan menggali tulang dinosaurus di Children Discover Museum. Adanya display interaktif dan galeri sains memperlihatkan salah satu pendekatan menarik yang diterapkan agar anak-anak termotivasi untuk belajar. Mereka ikut merasakan pengalaman berbeda ketimbang hanya sebagai penonton pasif. Terdapat pula perpustakaan yang memperbolehkan pengunjung membeli buku.

Pastikan Anda sekeluarga tiba lebih awal agar tidak melewatkan jam operasi museum, yaitu pukul 10.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Agar liburan kian aman dan menyenangkan, Tourism Authority of Thailand menyediakan aplikasi ponsel bernama Thailand Muslim Friendly Destination. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menemukan restoran halal dan masjid terdekat. Terdapat pula fitur GPS yang mampu memandu pengguna untuk sampai di tempat yang dituju. [*]

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response