Di luar negeri, pasar malam kerap menjadi daya tarik wisatawan. Bisa jadi karena barang yang dijual tidak dikenai pajak, khas atau unik, dan lingkungan pasar yang bersih.

Di negara berjulukan “Negeri Naga Kecil”, Taiwan, contohnya, pasar malam menjadi magnet kuat yang menarik atensi wisatawan. Di negeri ini, ada lebih dari 20 pasar malam yang selalu masuk destinasi yang direkomendasikan.

Salah satu yang paling terkenal adalah pasar malam Shilin. Berikut ini, beberapa hal menarik tentang pasar malam ini. Dirangkum Travel.kompas.id dari beberapa sumber.

Ada di Taipei

Penerbangan langsung menuju Taipei, ibu kota Taiwan, telah tersedia dari Jakarta. Turis Nusantara yang pergi ke sana tak terlalu sulit untuk datang ke pasar malam Shilin.

Rajanya pasar malam

Shilin mendapat julukan “Rajanya Pasar Malam”. Di sini terdapat ratusan kios yang sebagian besar menjajakan makanan lokal hingga dini hari. Kabarnya, ada sekitar 500 kios yang berdiri di sini.

Sejak 1915

Pasar malam ini telah meramaikan suasana malam Taipei sejak 1915. Warga lokal dan wisatawan bisa membaur menjadi satu untuk menikmati beragam makanan yang lezat dengan harga terjangkau. Namun, terdapat juga kios-kios yang menjual fashion dan cendera mata khas Taiwan.

Baca juga: 7 Hal Menarik tentang Pasar Malam di Negeri Naga Kecil

Terdiri dua bagian

Shilin terdiri atas dua bagian besar, yaitu bagian makanan tradisional dan bagian barang-barang umum. Di bagian makanan, kita bisa menemukan bermacam-macam makanan lokal yang dijajakan oleh warga setempat dengan ramah dan antusias. untuk makanan, kita bisa mencicipi steik ayam goreng, telur dadar kerang, tempura, pearl milk tea, hingga stinky tofu.

 “Stinky tofu”

Ini adalah makanan dari olahan fermentasi tahu. Uniknya, stinky tofu justru terkenal karena aromanya yang sama sekali tidak enak. Namun, penganan ini malah menjadi makanan favorit di berbagai belahan dunia, terutama Asia Timur.

Tertata dan tertib

Kios-kios di pasar malam Shilin sangat tertata dan tertib. Bahkan, para pedagang cukup disiplin dalam mengelola sampah sehingga pasar malam ini terlihat cukup bersih. Padahal, saban hari, ada ribuan orang yang jalan-jalan ke sini.

Baca juga: Cara Hemat ke Taipei, Singapura,dan Jepang

Tempat berkumpul

Suasana pasar malam Shilin yang hangat membuat destinasi ini menjadi tempat yang oke untuk berkumpul, baik bagi penduduk Taipei maupun turis asing. Buku Lonely Planet edisi Taiwan menyebutkan, pasar malam Shilin adalah destinasi wisata dan kuliner yang tak boleh terlewat.

Foto: Shutterstock.com

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response