Berwisata bagi sebagian orang kini sudah menjadi kebutuhan. Bahasa kerennya “work hard, play hard”. Jadi, mereka yang sudah bekerja keras mencari penghasilan merasa layak untuk mengganjar diri dengan liburan. Apalagi dengan tumbuhnya masyarakat kelas menengah, kemampuan ekonomi yang semakin baik membuat berwisata kini menjadi salah satu prioritas.

Pemerintah sendiri terus mendorong pertumbuhan industri pariwisata sehingga menjadi salah satu sumber pemasukan devisa. Terlihat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia Desember 2017 naik 3,03 persen dibanding jumlah kunjungan pada Desember 2016, yaitu dari 1,11 juta kunjungan menjadi 1,15 juta kunjungan. Selama 2017, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 14,04 juta kunjungan atau naik 21,88 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada 2016 yang berjumlah 11,52 juta kunjungan.

Sebagai negara kepulauan dengan berbagai macam suku, bahasa, dan adat-istiadat, Indonesia memiliki potensi yang salah luar biasa jika dikembangkan dengan baik. Hanya, yang kerap kali dikeluhkan adalah terkait pengelolaan dan perawatan infrastruktur pariwisata. Namanya hendak bersenang-senang, tentu sangat mengganggu apabila saat berkunjung ke suatu tempat ternyata kondisinya tidak terawat dan pelayanannya tidak menyenangkan.

Foto-foto: dokumen Shutterstock.com

Meski demikian, terdapat pula banyak pilihan yang menyenangkan. Untuk itu, dibutuhkan informasi yang tepat. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi serta berbagai penawaran wisata menarik adalah mengunjungi pameran wisata, seperti Kompas Travel Fair 2018 yang berlangsung pada 7–9 September 2018 di Jakarta Convention Center.

Travel more, explore more. Inilah saatnya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, berburu penawaran menarik, serta melakukan pembelian yang cerdas. Jika sudah punya rencana, ini saatnya untuk mewujudkannya. Ada banyak pelaku industri pariwisata yang hadir pada kesempatan ini. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Ini berguna sebelum Anda memutuskan hendak berlibur ke mana.

Jangan ragu untuk bertanya, semakin detail semakin bagus. Pastinya tersedia banyak penawaran menarik, baik untuk paket-paket wisata yang ditawarkan maupun berbagai aksesori dan hal-hal terkait liburan dan perjalanan lainnya. Bandingkan berbagai penawaran dan pilih yang terbaik. Ayo, ke Kompas Travel Fair 2018. [*]

Leave a Response