Pengalaman adalah guru yang terbaik. Termasuk juga pengalaman saat berwisata ke berbagai tempat. Kadang kala, ada hal-hal yang unik dan mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya, tetapi ternyata sangat bermanfaat ketika melakukan perjalanan. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Foto tas dan barang bawaan

Pernahkan Anda kehilangan atau lupa dengan tas atau barang bawaan Anda? Terima kasih dengan hadirnya kamera ponsel yang selalu dibawa-bawa, kini dengan mudah Anda dapat mengatasi masalah ini. Caranya, fotolah tas dan ba­­rang bawaan Anda. Foto ini sangat ber­manfaat untuk mengingatkan Anda atau jika sewaktu-waktu barang Anda hilang.

2. Buat salinan dokumen penting

Dokumen-dokumen penting seperti paspor dan kartu identitas menjadi jauh lebih penting saat di bepergian di mancanegara. Meski tak selalu digunakan, tetapi ketika hilang bisa sangat merepotkan. Oleh karena itu, buatlah salinan dari semua dokumen-dokumen penting yang Anda bawa. Simpanlah bentuk fisik salinan tersebut dan buat juga salinan dalam bentuk digital yang ditaruh di cloud atau diemail ke diri Anda sendiri. Anda tidak pernah tahu kapan akan dibutuhkan, tetapi ketika sewaktu-waktu dibutuhkan sudah tersedia.

Foto-foto dokumen Shutterstock.com

3. Bawa kartu ATM atau kartu kredit cadangan

Bawalah kartu ATM atau kartu kredit cadangan dan simpanlah di tempat yang berbeda. Sial bisa terjadi kapan saja, dan kehilangan uang bisa menjadi bencana saat bepergian yang jauh. Kartu cadangan bisa sangat membantu.

4. Siapkan asuransi perjalanan

Jangan lupakan asuransi perjalanan. Sakit atau cedera, atau mungkin juga kehilangan barang, sangat mungkin terjadi. Anda tentu tidak mau menanggung biaya yang bisa jadi sangat besar untuk itu semua. Mengeluarkan biaya yang jauh lebih kecil untuk membeli asuransi perjalanan adalah salah satu persiapan yang sangat bijaksana.

5. Ambil foto sebanyak-banyaknya

Ambillah foto sebanyak-banyaknya, dan tentang apa saja. Jangan hanya fokus melakukan swafoto di tempat-tempat yang sudah lumrah. Besar kemungkinan, setelah lama berselang, Anda ingin merasakan kembali pengalaman ber­kunjung ke suatu tempat. Dan hal itu tidak akan terpuaskan hanya melalui foto-foto swafoto.

6. Jelajahi kawasan menarik

Rencanakan untuk “tersesat”. Anda hanya menemukan suasana artifisial jika berkunjung ke obyek-obyek wisata yang sudah lumrah. Pengalaman merasakan menjadi warga lokal hanya bisa dirasakan ketika Anda membaur dan larut di dalamnya. Namun, pastikan Anda sudah menentukan batas-batasnya agar tidak kebablasan. Jelajahi kawasan-kawasan menarik di luar area yang sudah lumrah, jajal makanan baru, dan cobalah menjalin komunikasi dengan sebanyak mungkin orang. [ACA]

Leave a Response