Kapan waktu yang tepat untuk berlibur ke New York, Amerika Serikat (AS)? Jawabannya, musim gugur, dingin—meski tidak terlalu disarankan, semi, dan panas, semua oke untuk mengunjungi New York.

New York yang mendapat julukan”Big Apple” ini merupakan kota terpadat di AS. Kota ini masih dibagi menjadi lima wilayah besar, yakni Brooklyn, Manhattan, Queens, Bronx, dan Staten Island. Kota ini juga memberi pengaruh pada peradaban dunia, mulai dari keuangan, teknologi, pendidikan, budaya, hingga hiburan.

Lalu, jika telah menginjakkan kaki di kota megapolitan itu, destinasi apa saja yang bisa dinikmati? Berikut ini, beberapa “ikon” yang acap sekali dikunjungi wisatawan yang baru pertama kali datang di New York.

Fifth Avenue

Kalau gemar berbelanja produk-produk bergengsi, kawasan Fifth Avenue adalah surganya. Hampir semua merek terkenal di dunia membuka gerai di sepanjang jalan ini. Namun, area yang dijejali gedung-gedung pencakar langit nan megah ini juga menawarkan “atraksi” lain yang memikat, yakni suasana matahari terbenam.

Central Park

Menikmati musim gugur bersama kekasih atau keluarga di taman kota yang amat luas ini menjadi hal yang sangat romantis. Cukup berjalan santai merasakan daun-daun yang jatuh menerpa pundak sembari menatap air danau yang tenang, seolah menghisap kita masuk ke dunia puisi. Central Park letaknya berada di sebelah Fifth Avenue.

Brooklyn BridgeBrooklyn Bridge

Di New York juga terbentang jembatan yang tak kalah beken dari Golden Gate Bridge, San Fransisco, yakni Brooklyn Bridge. Jembatan ini menjadi jembatan gantung tertua di AS. Pada malam hari, jembatan ini akan bermandikan cahaya yang mengagumkan. Di sekitar jembatan, terdapat bangku-bangku untuk menikmati pemandangan sungai yang cantik.

9/11 Memorial

Tragedi 11 September yang mengguncang dunia hingga kini masih amat membekas bagi warga New York. Area bekas menara kembar WTC yang roboh ditabrak pesawat teroris, sekarang menjadi monumen peringatan yang diberi nama 9/11 Memorial. Destinasi ini tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke New York.

Patung Liberty

Ini adalah patung paling terkenal di dunia dan menjadi lambang pengaruh Amerika terhadap dunia. Rasanya belum sah jika pergi ke AS tanpa mengunjungi Patung Liberty ini.

Selain tempat-tempat apik tadi, saat musim gugur yang berlangsung pada pertengahan September hingga pertengahan Desember, New York juga menyuguhkan acara-acara berkelas dunia, semisal New York Fashion Week, pertandingan basket NBA, hingga New York Film Festival. Jadi, jika ada kesempatan jalan-jalan jauh, tak ada ruginya datang ke New York. [*/TYS]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 6 September 2018.

Leave a Response