Travel More, Explore More

Mau Wisata ke Skandinavia? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

Mengunjungi negara-negara Skandinavia dapat menjadi pengalaman menakjubkan. Nikmati pemandangan alam yang mempesona, udara dan air yang bersih, serta bebas polusi. Urusan perekonomian, negara-negara ini juga terkenal sebagai negara yang makmur.

Negara-negara Skandinavia terdiri dari Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Islandia. Kelima negara ini dapat dikunjungi oleh Warga Negara Indonesia dengan memiliki Visa Schengen, walau Norwegia dan Islandia tidak termasuk dalam Negara Uni Eropa tetapi keduanya memiliki perjanjian kerja sama dengan Schengen dan tercatat sebagai anggota EFTA (European Free Trade Association).

Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan menyejukan, di negara-negara ini terdapat ikon-ikon destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Seperti patung Little Mermaid di Kopenhagen, Denmark; Vigeland Sculpture Park di Oslo, Norwegia; dan Vasa Ship Museum di Stockholm, Swedia.

 

patung putri duyung di pinggir laut

Patung Little Mermaid

Mengunjungi Kopenhagen, Denmark tak lengkap bila tidak melihat patung putri duyung atau dikenal dengan Little Mermaid yang melegenda di dunia. Patung ini telah ada sejak 1913. Ukurannya tidak terlalu besar, beratnya berkisar 175 kilogram dengan tinggi 1,25 meter. Patung yang terbuat dari perunggu ini berlokasi di tepi pantai Langelinie.

Patung Little Mermaid ini karya Edvard Eriksen. Ide pembuatannya berasal dari Carl Jaconsen, anak dari pendiri perusahaan Carlsberg, yang sangat terpesona denagn tari balet yang mengisahkan dongeng putri duyung di Royal Theater Copenhagen. Namun, patung ini bisa sangat terkenal di dunia karena Hans Christian Andersen memasukkannya dalam cerita dongeng dengan judul Den Lille havfrue.

Menakjubkannya, patung ini pernah berkali-kali dirusak, tetapi selalu dapat diperbaiki kembali. Misalnya pada 1984, tangan kanannya pernah dipotong, tapi dua hari kemudian dikembalikan lagi. Pada 1990 pernah juga dilakukan untuk memotong kembali kepala patung ini tapi tidak berhasil, hanya meninggalkan jejak berupa belahan gergaji. Karena beberapa kali sempat dirusak, maka pada 2006 pemerintah kota Kopenhagen memutuskan untuk menggeser posisinya agak jauh dari tepi pantai agar tak mudah dijangkau.

pemandangan vigeland sculpture park

Vigeland Sculpture Park

Vigeland Sculpture  Park adalah sebuah taman yang dipenuhi oleh 300 patung hasil seorang karya pematung terkenal Norwegia, yakni Gustav Vigeland. Tema patung-patung di taman ini adalah dinamika kehidupan manusia.

Sebagian besar patung merupakan figur manusia yang berasal dari granit, perunggu, dan besi tempa. Sinnataggen, patung besar balita marah dan mengamuk berada di tengah taman menjadi daya tarik utama taman. Sebuah kafe dan museum dalam taman menampilkan patung-patung berukuran lebih kecil.

Paling popular juga adalah patung The Monolith. Patung ini merupakan monumen setinggi 14 meter dan posisinya berada tepat di tengah ratusan patung lainnya dengan jumlahnya yang mencapai 121 patung manusia. Patung ini menggambarkan siklus hidup manusia dari lahir sampai meninggal. Ini merupakan rangkuman dari semua patung yang ada di taman ini. Taman ini terbuka untuk pengunjung sepanjang tahun.

kapal kuno vasa di museum vasa

Vasa Ship Museum

Museum Vasa merupakan museum maritim yang terletak di Pulau Djurgaden, Stockholm. Museum ini dibuka pada 1990. Salah satu benda sejarah yang paling menakjubkan dan menjadi primadona di museum ini adalah kapal Vasa, sebuah kapal medieval dari kayu yang tenggelam di perairan kota pada abad ke-16.

Kapal Vasa awalnya dibuat berdasarkan mandat dari raja Swedia saat itu, yakni Gustavus Adolphus, untuk menegaskan kekuatan maritim kerajaan Swedia kepada negara-negara Laut Baltik (Jerman, Denmark, Norwegia). Sayang, karena kesalahan teknis, kapal ini tenggelam bahkan sebelum unjuk gigi kepada dunia luar.

Museum ini memiliki kapal asli hasil evakuasi berukuran sebenarnya, di mana di sekelilingnya kita bisa mempelajari benda-benda yang sempat dibawa, tengkorak-tengkorak, dan rekonstruksi wajah para awak kapal, analisa cat dan dekorasi visual kapal.

Keseruan lainnya yang dapat dinikmati di negara-negara Skandinavia adalah menikmati indahnya pemandangan indah dari Norwegia dengan menggunakan panoramic train. Dan, mengunjungi Geiranger, desa wisata kecil di bagian barat negara Norwegia yang memiliki pemandangan paling spektakuler di dunia dan mempunyai gelar sebagai “Lonely Planet”. [*/ACH]

Leave a Reply

*