Travel More, Explore More

5 Aplikasi Penting untuk Traveling

ilustrasi menggunakan aplikasi smartphone ketika berwisata

Sekarang eranya ponsel cerdas. Hampir untuk seluruh kegiatan sehari-hari, dari yang serius sampai yang bercanda, bisa dilakukan menggunakan ponsel cerdas. Termasuk untuk berwisata. Berikut ini lima aplikasi penting yang akan membantu Anda selama travelling.

Google Maps

Aplikasi peta besutan Google ini memang juara. Jangan dikira Google Maps hanya bisa dipakai buat mencari lokasi di peta atau navigasi perjalanan dengan panduan suara (voice navigation). Lebih dari itu, ketika dipakai di negara-negara maju, banyak fitur yang sangat bermanfaat. Misalnya saja Anda berkunjung ke Jepang, yang memiliki bahasa dan aksara yang tidak banyak dipahami.

Google Maps ternyata bermanfaat menjelajah naik-turun kereta, yang merupakan salah satu moda transportasi utama di Jepang. Tinggal masukkan tempat asal dan tempat yang dituju, Anda akan mendapatkan panduan kereta mana yang harus dinaiki, jumlah biaya, hingga durasi perjalanan. Bahkan, jika harus transfer kereta, akan disajikan pula informasi harus berjalan kaki berapa jauh.

Booking.com

Ini adalah aplikasi untuk pesan kamar hotel. Selain itu, ternyata masih banyak kemudahan lain yang ditawarkan. Pemesanan kamar dapat dilakukan dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan. Prosesnya cepat dan akan mendapatkan konfirmasi segera. Anda bahkan dapat melakukan pemesanan sembari berjalan menuju hotel, dan setiba di hotel, semuanya telah siap. Selain itu, dibandingkan penyedia layanan sejenis, cara pembayaran di Booking.com dilakukan belakangan, pada saat check out. Jadi, Anda menikmati dulu layanannya, baru membayar sesudahnya.

Oanda Currency Converter

Ketika bepergian ke luar negeri, ini adalah aplikasi yang wajib dimiliki. Sesuai namanya, aplikasi ini berguna untuk mengonversi nilai dari satu mata uang ke mata uang lain. Oanda Currency Converter termasuk aplikasi yang sederhana dan langsung pada tujuan. Cukup masukkan nilai dalam mata uang lokal, voila, konversi dalam rupiahnya langsung muncul. Selain itu, kurs mata uang selalu diperbarui dengan nilai terkini dan nilai tukarnya juga bisa diatur hingga sekitar 5 persen.

Tripit

Saat bepergian, banyak detail yang harus diingat, misalnya nomor penerbangan pesawat yang ditumpangi, kode booking hotel tempat menginap, hingga berbagai aktivitas yang hendak dilakukan. Boleh saja tiap detail dicatat di berbagai tempat berbeda, cuma risikonya kadang-kadang saat dibutuhkan, kita lupa di mana tempat menyimpan catatan tersebut. Tripit membantu untuk mengorganisasikan semua catatan itu ke dalam sebuah rencana perjalanan (itinerary). Semua detail tercatat di satu tempat dan tersusun rapi sehingga memudahkan untuk sewaktu-waktu hendak dilihat. Selain itu, ada pula fitur alert yang akan mengingatkan misalnya kalau sudah waktunya untuk siap-siap ke bandara.

Diaro

Ingin mencatat semua aktivitas Anda selama berlibur? Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mencatat dan menyimpannya dengan aman. Tampilannya sederhana dan fungsional. Ada tombol “plus” di pojok kanan bawah. Tinggal klik, langsung muncul interface untuk menulis. Di bagian atas sudah tercantum keterangan hari, tanggal, dan waktu. Terdapat dua kotak, satu untuk judul entry, satunya lagi untuk isi entry. Di bawahnya lagi, terdapat pilihan untuk folder, tag, serta pinpoint lokasi pada peta. [ACA]

Leave a Reply

*